Waktu Terbaik Minum Kopi

Penyakit
Minum kopi di waktu terbaik sekitar pukul 09.30 dan 11.30 dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

Kopi sudah ada sejak lama dan dikenal dapat mengakibatkan berbagai penyakit, dari menghambat pertumbuhan Anda hingga menyebabkan penyakit jantung. Namun, menurut beberapa penelitian, kopi juga dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan penting. Lalu kapan waktu terbaik untuk minum kopi?

Kopi sendiri mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat, termasuk riboflavin (vitamin B-2), niasin (vitamin B-3), magnesium, kalium, dan berbagai senyawa fenolik, atau antioksidan. Manfaat kesehatan potensial yang terkait dengan minum kopi meliputi perlindungan terhadap diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, penyakit hati, dan kanker hati serta mendorong kesehatan hati Anda. Berikut manfaat dari minum kopi lainnya:

  • Menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2

Untuk beberapa alasan, peminum kopi memiliki risiko diabetes tipe 2 yang berkurang secara signifikan.

Hasil penelitian mengamati bahwa orang yang minum kopi paling banyak memiliki risiko 23-50% lebih rendah terkena penyakit diabetes tipe 2. Hasil dari penelitian juga menunjukkan pengurangan resiko diabetes setinggi 67%.

  • Menjaga Anda dari penyakit Alzheimer dan Demensia 

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit tersebut terjadi.

Hal ini termasuk seperti konsumsi makanan sehat dan berolahraga. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko penyakit Alzheimer hingga 65% lebih rendah.

  • Menurunkan resiko Anda terhadap penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah kondisi neurodegeneratif kedua yang paling umum terjadi setelah Alzheimer. Hal ini disebabkan oleh kematian neuron penghasil dopamin di otak Anda. 

Penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko penyakit Parkinson yang jauh lebih rendah, dengan pengurangan risiko berkisar antara 32-60%. Dalam hal ini, kafein itu sendiri tampaknya bermanfaat, karena orang yang minum kopi tanpa kafein tidak memiliki resiko lebih rendah terkena Parkinson.

  • Dapat membantu Anda membakar lemak

Kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakar lemak. Kafein sendiri adalah salah satu dari beberapa zat alami yang terbukti dapat membantu pembakaran lemak. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan metabolisme Anda hingga 3-11%. Penelitian lain menunjukkan bahwa kafein secara spesifik dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus. Sehingga sebelum melakukan rutinitas olahraga menjadi waktu terbaik Anda minum kopi, untuk memaksimalkan pembakaran lemak.

  • Kopi dan kanker hati

Peneliti dari Italia menemukan bahwa konsumsi kopi menurunkan risiko kanker hati sekitar 40%.  Beberapa hasil menunjukkan bahwa orang yang minum tiga gelas per hari mungkin memiliki risiko 50% lebih rendah.

  • Melindungi hati Anda

Hati Anda adalah organ luar biasa yang melakukan ratusan fungsi penting. Beberapa penyakit umum terutama mempengaruhi hati, termasuk hepatitis, penyakit hati berlemak dan lainnya. Menariknya, kopi dapat melindungi Anda terhadap sirosis. Hasil penelitian membuktikan orang yang minum 4 cangkir atau lebih kopi per hari memiliki risiko hingga 80% lebih rendah terhadap penyakit yang mempengaruhi hati.

Kopi merupakan minuman yang sangat populer di seluruh dunia yang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang mengesankan. Bahkan, kopi dipercaya dapat meningkatkan umur panjang.

Namun, penelitian menyimpulkan bahwa jumlah yang “aman” bagi Anda untuk minum kopi adalah tiga hingga empat cangkir kopi per hari.  Lalu waktu terbaik untuk rata-rata orang untuk minum kopi berkafein adalah antara pukul 9.30 dan 11.30 pagi.


Tags: ,

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*