Skrining Corona Lebih Aman dengan Drive Thru Rapid Test COVID 19

Hidup Sehat

Jika Anda termasuk ke dalam kelompok individu yang berisiko tinggi tertular COVID-19, segera lakukan skrining, sehingga dapat memperoleh pengobatan lebih maksimal. Jika Anda khawatir tertular ketika harus ke rumah sakit untuk melakukan rapid test, pilihlah layanan drive thru rapid test COVID 19

Kelompok yang perlu melakukan rapid test COVID-19

Rapid test corona direkomendasikan untuk individu dengan kondisi tertentu, seperti:

  • Orang dalam pemantauan (ODP), merujuk pada individu yang pernah berkunjung ke wilayah pusat penyebaran virus corona maupun individu yang pernah kontak langsung dengan pasien positif corona. 
  • Pasien dalam pengawasan (PDP), merujuk pada individu yang sudah pernah dirawat oleh tenaga kesehatan (pasien) dengan gejala, seperti sesak napas, demam, batuk, pilek.
  • Orang tanpa gejala (OTG), merujuk pada individu yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif COVID-19 dalam 7 hari dan individu dengan risiko tertular, seperti petugas kesehatan
  • Individu dengan profesi yang mengharuskan untuk keluar rumah dan berhubungan langsung dengan banyak orang, seperti kurir, pengemudi ojek maupun taksi online, petugas bandara, dan lainnya.

Pada dasarnya, prosedur rapid test yang diberikan akan sama seperti Anda melakukan pemeriksaan di rumah sakit atau klinik. Perbedaannya, yaitu Anda tidak perlu repot-repot untuk mengantre dan berkerumun dengan orang lain, karena pengambilan sampel dilakukan tanpa perlu keluar dari kendaraan.

Prosedur rapid test COVID-19

Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang rapid test COVID-19 dan rapid swab test. Namun, sudah pahamkah Anda perbedaan di antara keduanya?

  1. Rapid test COVID-19

Prosedur rapid test COVID-19 dilakukan dengan pengambilan sampel darah pasien. Langkah prosedur skrining corona ini, antara lain:

  • Petugas kesehatan membersihkan area tempat pengambilan darah dengan cairan antiseptic agar steril dan mencegah timbulnya infeksi.
  • Lengan atas pasien diikat dengan perban elastis, sehingga aliran darah dapat terkumpul dan pembuluh darah vena lebih mudah ditemukan.
  • Setelah vena ditemukan, darah diambil dengan jarum melalui pembuluh darah.
  • Darah ditampung pada tabung yang dipasang di belakang jarum suntik.
  • Jarum dilepas dan bagian bekas area pengambilan darah ditutup dengan perban.

Di samping itu, pengambilan darah dapat dilakukan dengan proses tes golongan darah menggunakan jarum yang disuntikkan di ujung jari pasien. Darah yang keluar tersebut akan diteteskan pada alat rapid test dan hasilnya dapat diketahui dalam beberapa menit.

Kini, terdapat pula rapid test antibodi serologi yang merupakan metode skrining corona terbaru. Dikembangkan oleh perusahaan asal Swiss, Roche, prosedur ini dikenal dengan Roche Elecsys Anti-SARS-CoV-2 yang juga menggunakan sampel darah. Tingkat keakuratan hasil dari tes antibodi serologi COVID-19 ini dapat mencapai 90% ke atas.

  1. Rapid swab test corona

Prosedur rapid swab test corona menggunakan sampel lendir dari dalam hidung atau tenggorokan. Tenaga kesehatan menggunakan alat khusus seperti cotton bud, namun dengan tangkai yang lebih panjang untuk mengambil sampel lendir ini.

Alat swab test yang digunakan tadi, dimasukkan ke dalam tabung khusus untuk kemudian dianalisis.

Layanan drive thru rapid test antibodi serologi COVID-19

Eka Hospital BSD menyediakan layanan skrining corona dengan teknologi terbaru dari Swiss dengan harga 150 ribu. Pemeriksaan dapat dilakukan dari Senin-Minggu pada pukul 09.00-17.00.

Eka Hospital BSD merupakan rumah sakit tipe B yang terletak di Central Business District (CBD) Lot IX Jalan Boulevard BSD Timur yang telah terakreditasi secara internasional oleh internasional oleh Joint Commission International (JCI) sejak 2010. 

Eka Hospital BSD juga menyediakan pemeriksaan swab atau Polymerase Chain Reaction (PCR) COVID-19.

Pendaftaran dan booking jadwal drive thru rapid test antibodi serologi COVID-19 dapat dilakukan di SehatQ melalui nomor (021) 3199 0388 dan WhatsApp +62 812-8858-8167. 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*