Rasa Nyeri Dada Tengah, Kenali 12 Penyebabnya

Rasa Nyeri Dada Tengah, Kenali 12 Penyebabnya

Penyakit

Pernahkah Anda mengalami nyeri dada tengah yang terasa hingga punggung? Biasanya kondisi ini disebabkan oleh berbagai kondisi seperti kondisi ringan hingga yang parah.

Untuk menentukan kondisi yang menyebabkan nyeri dada tersebut ringan atau serius, tentu harus mengetahui apa penyebabnya. 

Penyebab Nyeri Dada Tengah

Umumnya, masalah dada terasa nyeri di bagian tengah bahkan hingga punggung ini disebabkan oleh masalah organ tubuh bagian dalam, misalnya jantung maupun paru-paru. 

Kerap pula nyaeri dada tengah ini diikuti oleh sesak nafas, nyeri yang menjalar hingga ke leher dan punggung, serta rasa terbakar. Berikut penyebab nyeri dada tengah yang perlu Anda ketahui.

  1. Serangan Jantung

Serangan jantung merupakan kondisi ketika aliran darah ke jantung tersumbat karena plak di dinding pembuluh darah atau adanya bekuan darah. 

Lalu, ketika aliran darah tersumbat dan jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup, biasanya akan muncul rasa nyeri dada yang menjalar ke leher hingga punggung. Kondisi ini harus segera ditangani oleh dokter dengan segera karena merupakan kondisi darurat medis.

  1. Angin Duduk

Angin duduk atau dikenal dengan istilah angina, adalah rasa nyeri yang biasanya muncul dikarenakan jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Angina ini bisa terjadi ketika Anda memaksakan diri untuk beraktivitas fisik dan bahkan muncul saat Anda sedang beristirahat.

Angina ini juga memberikan efek rasa nyeri dada tengah yang juga menyebar ke leher dan punggung. Jika Anda mengalami angin duduk ini, haruslah waspada karena bisa jadi pertanda Anda berisiko terkena serangan jantung.

  1. Emboli Paru

Emboli paru adalah penyakit ketika pembuluh darah di paru-paru tersumbat akibat terlepasnya bekuan darah, lalu mengalir ke paru-paru dan terperangkap di salah satu pembuluh darahnya.

Biasanya rasa sakit akibat emboli paru ini terasa di bagian dada tengan hingga ke punggung dan bisa juga menyebar ke leher dan bahu.

  1. Perikarditis

Perikarditis adalah kondisi saat perikardium mengalami peradangan akibat infeksi atau penyakit autoimun. Rasa sakit yang terasa juga sama, nyeri dada tengah dan menyebar ke bagian leher, bahu kiri, hingga punggung.

  1. Aneurisma Aorta

Aneurisma aorta terjadi ketika dinding aorta melemah karena kondisi medis atau mengalami cedera. Jika ini terjadi, penderita akan merasa nyeri dada dan punggung. Bahkan jika aorta pecah, dapat mengancam keselamatan jiwa.

  1. Pleurisi

Pleurisi adalah peradangan pleura, yaitu membran dua lapis yang menyelimuti rongga dada dan paru-paru. Ketika kedua membran tersebut saling bergesekan, maka penderitanya akan merasa nyeri dada tengah dan ke punggung.

  1. Tukak Lambung

Tukak lambung adalah luka yang terjadi pada sistem pencernaan akibat infeksi bakteri Helicobacter pylori. Penderita tukak lambung akan merasa nyeri ulu hati di bagian dada dan perut.

  1. Batu Empedu

Batu empedu juga bisa membuat dada terasa nyeri. Batu empedu ini adalah kondisi di mana adanya penumpukan batu yang terbentuk di empedu.

  1. Nyeri Ulu Hati

Heartburn atau nyeri ulu hati adalah munculnya sensasi terbakar di bagian dada akibat naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan.

  1. Cedera Otot

Nyeri dada tengah juga bisa disebabkan oleh cedera otot. Rasa nyeri akibat cedera otot ini akan terasa semakin memburuk ketika tubuh digerakkan.

  1. Pankreatitis

Pankreas merupakan organ tubuh yang bertugas memproduksi enzim pencernaan dan mengontrol gula darah. Pankreatitis adalah kondisi ketika organ tersebut terjadi peradangan. KOndisi ini akan menimbulkan rasa nyeri di perut, dada, hingga punggung.

  1. Kanker

Ternyata nyeri dada tengah juga bisa disebabkan oleh kanker paru-paru dan kanker payudara.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*