Oil Pulling: Definisi, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Hidup Sehat

Mungkin baru-baru ini Anda mendengar dari kerabat atau teman-teman tentang oil pulling. Sebenarnya, oil pulling bukanlah hal yang baru, melainkan pengobatan tradisional sejak ribuan tahun yang berasal dari India. Seiring berjalannya waktu, pengobatan ini menyebar ke berbagai wilayah dan semakin populer karena manfaat yang diklaimnya. Bahkan, oil pulling sudah banyak tersedia di toko-toko grosir atau online. Anda pun tidak perlu menambahkan bahan-bahan lainnya, karena produk ini ready to use.

Apakah oil pulling ini?

Oil pulling adalah aktivitas membersihkan mulut atau berkumur dengan minyak kelapa yang mirip dengan obat kumur, tetapi dilakukan dalam waktu yang lebih lama. Sebagian besar, orang-orang yang melakukan teknik oil pulling mengoleskan satu sendok makan minyak kelapa di mulut. Kemudian, didiamkan selama 15 – 20 menit untuk mendapatkan manfaatnya.

Cara kerja oil pulling cukup sederhana. Ketika Anda mengoleskan minyak kelapa di sekitar mulut, bakteri-bakteri di mulut akan tersapu dan larut dalam minyak tersebut. Sebenarnya, teknik oil pulling tidak harus menggunakan minyak kelapa, karena bakteri bisa larut dalam hampir semua minyak. Namun, minyak kelapa banyak dipilih karena sifat antimikroba dan rasanya yang enak.

Berbagai manfaat oil pulling untuk kesehatan mulut

Minyak kelapa yang digunakan dalam teknik oil pulling memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan dan melawan bakteri berbahaya. Berikut beberapa manfaat oil pulling yang akan Anda peroleh:

  • Membasmi bakteri berbahaya di mulut.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Contemporary Dental Practice tahun 2016, oil pulling dapat mengurangi jumlah bakteri dalam air liur dan menjaga kebersihan mulut. Lebih lanjut, peneliti tersebut menyampaikan bahwa minyak kelapa adalah alternatif yang aman sebagai obat kumur.

  • Meredam bau mulut.

Bau mulut biasanya muncul saat Anda tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik, mengalami infeksi, atau gusi bengkak. Sebuah penelitian tahun 2011 menunjukkan bahwa oil pulling adalah alternatif alami dan efektif untuk mengurangi bau mulut.

  • Mencegah gigi berlubang.

Gigi berlubang bisa disebabkan oleh penumpukan bakteri di gigi, malas menyikat gigi, dan terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis. Teknik oil pulling dapat mengurangi jumlah bakteri berbahaya di mulut, sehingga membantu mencegah gigi berlubang. Selain menyikat dan membersihkan gigi dengan benang, oil pulling bisa menjadi cara tambahan untuk menjaga kesehatan mulut Anda lebih optimal.

  • Mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan gusi.

Plak gigi mengandung bakteri yang bisa menyebabkan radang gusi. Ini ditandai dengan gusi Anda jadi merah, bengkak, dan mudah berdarah. Sebuah penelitian tahun 2015 menunjukkan bahwa oil pulling dengan minyak kelapa bisa mengurangi plak dan membantu mencegah peradangan gusi akibat plak.

Beberapa klaim menyimpang tentang oil pulling

Tidak sedikit kesalahpahaman yang beredar di tengah-tengah masyarakat tentang oil pulling. Salah satunya adalah klaim bahwa oil pulling dapat memutihkan gigi. Faktanya, hingga saat ini tidak ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Selain itu, klaim bahwa oil pulling bisa mendetoksifikasi darah juga tidaklah benar. Intinya, penelitian ilmiah terkait oil pulling hanya menunjukkan obat ini membantu mengatasi masalah yang terjadi di mulut.

Cara melakukan oil pulling

Berikut ini cara sederhana melakukan teknik oil pulling, yaitu:

  1. Ambil sekitar satu sendok makan minyak kelapa dan oleskan di mulut Anda.
  2. Lalu, kumur-kumur dengan minyak tersebut selama sekitar 15 – 20 menit.
  3. Setelah itu, buang minyaknya dan segera gosok gigi.

Anda bisa melakukan oil pulling saat mandi pagi atau sore hari. Perlu dicatat bahwa kegiatan ini tidak disarankan jika Anda memiliki alergi kelapa atau minyak kelapa. Tentunya, untuk menghindari kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi. Jangan lupa, oil pulling berperan sebagai tindakan tambahan, bukan untuk menggantikan menyikat gigi, flossing, atau perawatan mulut lainnya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*