pasang gigi palsu

Mau Pasang Gigi Palsu? Kenali Jenisnya Sesuai Kebutuhan

Operasi

Ketika memasuki usia dewasa, kesehatna gigi memang mesti amat dijaga. Alasannya karena gigi-gigi tersebut merupakan gigi permanen yang tidak dapat tumbuh kembali jika patah atau copot. Namun tidak bisa dimungkiri, ada saja situasi yang membuat gigi Anda mengalami kerusakan, entah tergerus sebagian, patah, atau mungkin copot.

Jika sudah demikian, kesehatan dan penampilan gigi menjadi taruhannya. Opsi pasang gigi palsu dapat menjadi pilihan yang patut Anda pertimbangkan. Dengan melakukan pemasangan gigi palsu, Anda akan lebih percaya diri dengan tampilan wajah, mulut, dan gigi Anda secara keseluruhan. Di samping itu, pemasangan gigi palsu yang tepat bisa mencegah infeksi yang timbul apabila tempat bekas gigi tersebut dibiarkan kosong.

Namun sebelum pasang gigi palsu, baiknya Anda mengenali terlebih dahulu jenis-jenisnya. Dengan begitu, Anda bisa memilih pemasangan gigi palsu yang sesuai kebutuhan Anda. Simak jenis-jenisnya di bawah ini.

Gigi Palsu Sebagian

Secara umum, jenis gigi palsu dibagian dua. Salah satunya yang paling familiar adalah jenis gigi palsu sebagian. Jenis gigi palsu ini cocok bagi Anda yang mengalami penggerusan atau patah gigi. Tujuan pemasangan gigi palsu jenis ini untuk mengembalikan bentuk gigi Anda seperti semula, yakni utuh dan sempurna.

Pada pemasangan gigi palsu sebagian, akan ada ada tiruan gigi dari logam atau karet yang dijepitkan pada bagian gigi Anda yang tidak sempurna. Tentunya untuk melakukan pemasangan, dokter sebelumnya akan mengukur terlebih dahulu bentuk kerusakan yang Anda alami. Untuk jenis gigi palsu sebagian sendiri, ada dua pembagian khususnya.

  • Gigi Palsu Mahkota

Model gigi palsu sebagian ini dipasangkan ketika Anda mengalami kondisi satu gigi di bagian rahang bawah atau atas tergerus atau patah. Mahkota ditempatkan di sisa gigi untuk mencegah kerusakan yang lebih parah sekaligus mengembalikan bentuknya agar menjadi utuh.

Mahkota gigi pun terbagi menjadi dua jenis, yakni yang menutupi seluruh gigi atau yang hanya menutupi bagian gigi yang rusak. Gigi palsu berjenis mahkota umumnya dibuat dari logam atau porselen.

  • Gigi Palsu Jembatan

Apabila Anda mengalami kondisi kerusakan gigi pada lebih dari gigi, tapi posisinya berderet, dokter gigi biasanya akan menyarankan Anda untuk pasang gigi palsu berjenis jembatan. Gigi palsu sebagian ini kerap disebut juga sebagai gigi penyangga.

Gigi palsu jenis jembatan dipilih apabila dalam deretan rahang Anda terdapat lebih dari satu gigi yang mengalami ketidakutuhan, namun masih terdapat sisa gigi. Pemasangannya sendiri dilakukan di bagian sisa gigi yang ada untuk menutupi celah yang ada.

Gigi Palsu Lengkap

Ketika kerusakan gigi Anda terlalu parah dan berisiko menimbulkan infeksi, dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan pencabutan. Setelah itu jika Anda ingin pasang gigi palsu, pilihannya adalah menggunakan metode gigi palsu lengkap.

Pemasangan gigi palsu lengkap tentunya dipasang setelah luka pada gigi dan gusi pulih. Pasalnya jika belum pulih, ada kemungkinan bentuk gusi dan tulang rahan berubah. Sama seperti jenis gigi palsu sebagian, ada dua tipe dari jenis gigi palsu lengkap.

  • Implan Gigi

Bahan pembuatan implant gigi biasanya adalah titanium. Bentuk gigi palsu ini sebelum dipasang akan menyerupa bor. Bagian atas disesuaikan dengan bagian kosong yang tadinya merupakan bagian gigi Anda. Bagian bawahnya menyerupai sekrup sebagai bagian untuk ditanam.

Nantinya dokter akan menanam impan gigi yang sudah dibuat dalam tulang rahang. Implan gigi juga akan disatukan dengan jaringan tulang rahang tersebut agar posisinya stabil dan tidak mudah bergeser

  • Gigi Palsu Lepasan

Model lain dari gigi palsu adalah gigi palsu lepasan. Sesuai namanya, jenis gigi palsu yang satu ini tidak menyatu dengan tulang rahang, melainkan bisa dilepas sesuai kebutuhan untuk dibersihkan.

Gigi palsu lepasan umumnya digunakan apabila kerusakan gigi yang parah hingga berakhir pada pencabutan lebih dari satu. Model pemasangannya sendiri dikaitkan dengan gigi lain yang ada di sekitarnya.

***

Sekarang sudah lebih paham bukan jenis-jenis gigi palsu yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan? Sekarang jika mau pasang gigi palsu, kira-kira jenis apa yang akan Anda ambil?

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*