Manfaat Sari Kacang Hijau Dalam Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Hidup Sehat

Kacang hijau mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah melimpah. Hal inilah yang membuat banyaknya manfaat sari kacang hijau bagi tubuh. Sama halnya dengan polong-polongan lain, kacang hijau memiliki nutrisi yang seimbang. Selain kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi, kacang hijau juga mengandung senyawa-senyawa lain yang bermanfaat, yang membuatnya bagian penting untuk diet yang sehat. Dalam sebuah review yang dilakukan pada tahun 2014, banyak bukti menunjukkan bahwa kacang hijau memiliki potensi manfaat kesehatan seperti efek antioksidan, aktivitas anti-jamur dan anti-bakteri, anti-peradangan, menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes, menurunkan tekanan darah, dan mencegah kanker. Selain itu, kacang hijau juga dipercaya dapat meningkatkan kekuatan tubuh bahkan bagi mereka yang tidak melakukan aktivitas olahraga. Artikel ini akan membahasnya dengan lebih mendalam.

Manfaat sari kacang hijau yang melimpah sangat penting bagi mereka yang menjalankan diet vegan atau vegetarian. Diet berbasis tanaman sedang menjadi tren saat ini. Selain untuk menyehatkan tubuh, banyak orang melakukan diet jenis ini sebagai bentuk protes perilaku manusia terhadap hewan.  Menurut dua orang professor dari Kampus Solusi Kesehatan Negeri Arizona, meskipun diet vegetarian dapat melindungi tubuh dari penyakit kronis, kekurangan nutrisi seperti protein sangat mungkin terjadi. Untuk itulah kacang hijau menjadi solusi sehat bagi mereka yang tidak makan daging. Sebuah studi dilakukan untuk melihat hubungan antara asupan protein dengan kekuatan dan masa tubuh pada 37 orang vegetarian yang jarang berolahraga. Selama 8 minggu, subyek diberikan suplemen protein kacang hijau. Dalam akhir studi, para peneliti menemukan peningkatan kekuatan pada mereka yang mendapatkan asupan suplemen kacang hijau.

Manfaat sari kacang hijau tidak berhenti sampai di situ saja. Karena kacang hijau mengandung potasium, magnesium, dan serat, kacang hijau dapat membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah. Di Amerika sendiri, diperkirakan sekitar 1 hingga 3 orang Amerika memiliki tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang serius karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, yang mana merupakan penyebab kematian utama di seluruh dunia. Dengan konsumsi kacang hijau, Anda dapat menurunkan tekanan darah. Nutrisi seperti potasium, magnesium, dan serat terbukti dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Selain itu, mengonsumsi polong-polongan dalam jumlah yang tinggi juga dapat menurunkan darah pada orang dewasa yang menderita tekanan darah tinggi ataupun tidak.

Selain dapat menurunkan tekanan darah, kandungan serat yang ada pada kacang hijau dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Kacang hijau mengandung serat yang tinggi, sekitar 15.4 gram per 202 gramnya. Kacang hijau khususnya memilik serat larut yang bernama pecti dan zat pati resisten. Keduanya dapat menutrisi bakteri baik yang ada di perut untuk menyehatkan sistem pencernaan, menutrisi sel-sel usus, meningkatkan pertahanan kekebalan perut, dan menurunkan risiko kanker usus.

Dengan banyaknya manfaat sari kacang hijau, berapa banyak yang harus dikonsumsi setiap harinya? Kacang hijau merupakan sumber nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik. Namun, Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan berbasis tanaman lain. Hal ini dikarenakan kacang hijau tidak mengandung semua nutrisi yang tubuh butuhkan. Agar dapat mencapai diet yang sehat, seseorang harus mengonsumsi berbagai ragam makanan. Anda dapat memasak kacang hijau dengan cara tertentu, seperti dengan merebusnya atau mengukusnya. Anda juga bisa menggoreng kacang hijau dalam bentuk kecambah. Bicarakan dengan dokter atau ahli nutrisi apabila Anda memiliki alergi terhadap kacang sebelum mengonsumsi kacang hijau.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*