Janin Aktif Bergerak dari Waktu ke Waktu, Pertanda Apa?

Hidup Sehat

Tentu, Anda setuju dengan pernyataan bahwa janin aktif bergerak adalah pertanda janin ‘hidup’ dan sehat di dalam kandungan. Hanya saja, terkadang pergerakan janin ini tidak beraturan atau hanya bergerak ke salah satu sisi perut. Apakah ini artinya posisi janin salah di dalam rahim? Ternyata, tidak.

Gerakan janin sebenarnya mengacu pada gerakan otot bayi yang sedang berkembang di dalam rahim ibu. Gerakan ini dapat berupa gerakan refleks atau muncul sebagai respons terhadap suara atau sentuhan pada perut ibu.

Variasi gerakan janin di dalam rahim sangat banyak. Ada yang merasakan gerakan janin seperti mengepak, lalu menendang. Ada pula yang merasakan gerakan janin berguling atau menggeliat dan cegukan. Oleh sebab itu, gerakan janin dapat dibedakan menjadi gerakan lemah, kuat, dan berguling.

Tanda bila janin aktif bergerak dari waktu ke waktu

Pergerakan janin dari waktu ke waktu semakin dapat dirasakan oleh sang Ibu. Bahkan, janin aktif bergerak dapat menjadi indikator perkembangan janin di setiap usia kehamilan. Berikut pertanda janin aktif bergerak dari waktu ke waktu di dalam rahim ibu.

  1. Kurang dari 9 minggu: semua anggota tubuh janin aktif bergerak bersama, karena sarafnya masih berkembang. Embrio akan melengkungkan kepala dan punggungnya.
  2. Usia 10 minggu setelah pembuahan: anggota tubuh janin aktif bergerak secara terpisah, kadang-kadang suka melakukan gerakan yang mengejutkan.
  3. Usia 11 minggu: bayi sudah bisa membuka mulut dan menghisap jari-jarinya.
  4. Usia 12 minggu: diduga dapat melihat bayi menelan cairan ketuban.
  5. Usia 13 minggu: bayi dengan cepat menggerakkan lengan dan kakinya, melakukan tendangan dan pukulan, dan sudah bisa merespons sentuhan kulit.
  6. Minggu ke 14 – 20, dapat terjadi suatu peristiwa yang disebut quickening. Inilah yang menjadi persepsi pertama tentang gerakan janin oleh ibu.
  7. Minggu ke 20 – 36, semua jenis gerakan janin akan terasa, mulai dari gerakan lemah, kuat, dan berguling. Janin aktif bergerak dengan semua sendi dan tulang belakangnya, sehingga dapat memastikan perkembangan sendi janin baik dan sehat.
  8. Minggu ke 28, semua bayi akan menunjukkan refleks kaget. Janin aktif bergerak dengan mendekatkan kedua lengan dan kakinya ke dada, saat tiba-tiba dikejutkan oleh suara keras, gerakan tiba-tiba, atau ibu terjatuh.
  9. Usia kehamilan trimester ketiga, janin aktif bergerak seperti mengayuh sepeda dengan kedua kakinya. Hal ini justru penting untuk membantu membalikkan posisi bayi agar persalinan normal. Di usia ini pula, pergerakan janin agak terbatas karena terbatasnya ruang sementara ukuran janin semakin membesar.

Seberapa sering janin aktif bergerak di dalam rahim?

Setelah Anda merasakan gerakan janin pertama kalinya, yaitu sekitar 20 – 24 minggu, maka gerakan janin seterusnya akan lebih mudah Anda rasakan. Namun, Anda mungkin tidak selalu bisa merasakannya, terutama bila sedang sibuk atau tidak memperhatikan perut.

Janin aktif bergerak pada waktu-waktu tertentu, terutama pada saat Anda tidur, dan janin akan tidur pada saat Anda bangun. Biasanya, bayi yang belum lahir akan tidur setiap 20 – 40 menit sekali (kadang-kadang hingga 90 menit). Ini akan membuat janin tidak bergerak selama mereka tidur. Selain itu, posisi duduk atau berdiri akan lebih sulit melihat gerakan janin dibandingkan saat Anda berbaring dan memperhatikannya.

Janin akan semakin aktif bergerak setelah memasuki periode kehamilan trimester ketiga. Namun, menjelang proses persalinan tiba (setelah 36 minggu), pergerakan janin mungkin akan terasa berbeda, karena hanya ada sedikit ruang baginya untuk bergerak. Perlu digarisbawahi, janin aktif bergerak dapat menjadi tanda bahwa kondisinya sehat di dalam rahim.

Catatan

Mungkin tidak semua ibu dapat merasakan janin aktif bergerak di dalam rahimnya. Jika Anda tidak merasakan gerakan apa pun dari janin hingga usia kehamilan 24 minggu, segeralah temui dokter atau bidan Anda. Begitu pula, jika Anda merasa bahwa pergerakan janin kurang kuat atau jarang terjadi. Dokter atau bidan mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan kondisi janin di dalam kandungan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*