Jangan Disepelekan, Ini Arti Kedutan di Hidung!

Hidup Sehat

Pernah mengalami kedutan di hidung? Ternyata, kedutan di hidung merupakan salah satu kontraksi otot yang sangat jarang terjadi. Pada dasarnya, kedutan di hidung ini bukanlah jenis kontraksi otot yang berbahaya. Kontraksi otot yang tidak disengaja ini bisa berlangsung dalam hitungan detik maupun jam. Tetapi jika kondisi ini sering kali terjadi, tentunya bisa menggangu keseharian Anda.

Kedutan di hidung bisa terjadi karena kram otot pada hidung, dehidrasi ataupun stress. Kondisi ini juga memiliki arti tertentu yang bisa Anda waspada. Arti kedutan di hidung adalah:

  1. Perasaan terlalu cemas

Kontraksi di otot hidung merupakan salah cara tubuh bereaksi terhadap jenis emosi tertentu. Saat Anda merasa cemas dan gugup, biasanya tubuh akan menangkap sinyal stress tersebut. Selanjutnya, akan muncul rangsangan saraf hingga reaksi tidak menentu. Jika Anda sudah tidak merasa stress, kedutan pun akan perlahan hilang dengan sendirinya.

  • Kurang pemanasan saat berolahraga

Kedutan di area hidung atapun kontraksi otot juga bisa terjadi karena kurangnya pemanasan sebelum berolahraga. Selain itu, kedutan juga bisa muncul akibat kurangnya cairan elektrolit di tubuh setelah berolahraga. Elektrolit ini memiliki peran penting dalam fungsi tubuh, elektrolit merupakan mineral yang membawa muatan listrik, seperti kalsium, klorida, magnesium, fosfat, kalium dan natrium.

  • Tubuh kurang istirahat

Saat tubuh Anda kurang istirahat juga dapat menyebabkan kontraksi otot di area wajah, seperti di hidung. Hal ini dikarenakan saat tubuh kurang beristirahat, maka jumlah neurotransmitter yang diproduksi ke otak pun tidak stabil. Akibatnya, perintah yang diterima saraf otot pun menjadi terganggu.

Neurotransmitter merupakan senyawa alami yang bertugas mengirimkan informasi kepada sel saraf. Jika neurotransmitter terganggu, maka otot Anda akan mengalami kekacauan saat meneruma informasi, sehingga kedutan di area hidung pun bisa terjadi.

  • Terlalu sering merokok

Hal lain yang menyebabkan terjadinya kedutan di hidung adalah karena terlalu banyak merokok. Sistem neurotransmitter juga bisa terganggu jika Anda mengonsumsi terlalu banyak rokok. Hal ini dikarenakan, kandungan nikotin dapat mengganggu sistem neurotransmitter pada otak Anda.

  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Produk kopi maupun minuman energi yang mengandung kafein juga dapat menyebabkan seseorang mengalami kedutan. Sebab jika tubuh Anda sensitif terhadap kafein, otot akan berkontraksi di luar perintah otak.

Apakah kedutan juga bisa pertanda penyakit serius?

Otot yang mengalami kedutan juga dapat mengindikasikan berbagai gangguan kesehatan berbahaya seperti muscular distrophy (distrofi otot), amyotrophic lateral sclerosis (ALS), penyakit autoimun, neuropati, ataupun penyakit ginjal.

Jika kondisi ini sering kali terjadi, Anda bisa mencegahnya dengan menjaga polo makan yang sehat dan bernutrisi, istirahat yang cukup, kurangi stress, melemaskan otot, mengurangi konsumsi kafein berlebih dan hentikan merokok.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*