Janin Aktif Bergerak dari Waktu ke Waktu, Pertanda Apa?

Hidup Sehat

Tentu, Anda setuju dengan pernyataan bahwa janin aktif bergerak adalah pertanda janin ‘hidup’ dan sehat di dalam kandungan. Hanya saja, terkadang pergerakan janin ini tidak beraturan atau hanya bergerak ke salah satu sisi perut. Apakah ini artinya posisi janin salah di dalam rahim? Ternyata, tidak.

Gerakan janin sebenarnya mengacu pada gerakan otot bayi yang sedang berkembang di dalam rahim ibu. Gerakan ini dapat berupa gerakan refleks atau muncul sebagai respons terhadap suara atau sentuhan pada perut ibu.

Variasi gerakan janin di dalam rahim sangat banyak. Ada yang merasakan gerakan janin seperti mengepak, lalu menendang. Ada pula yang merasakan gerakan janin berguling atau menggeliat dan cegukan. Oleh sebab itu, gerakan janin dapat dibedakan menjadi gerakan lemah, kuat, dan berguling.

Tanda bila janin aktif bergerak dari waktu ke waktu

Pergerakan janin dari waktu ke waktu semakin dapat dirasakan oleh sang Ibu. Bahkan, janin aktif bergerak dapat menjadi indikator perkembangan janin di setiap usia kehamilan. Berikut pertanda janin aktif bergerak dari waktu ke waktu di dalam rahim ibu.

  1. Kurang dari 9 minggu: semua anggota tubuh janin aktif bergerak bersama, karena sarafnya masih berkembang. Embrio akan melengkungkan kepala dan punggungnya.
  2. Usia 10 minggu setelah pembuahan: anggota tubuh janin aktif bergerak secara terpisah, kadang-kadang suka melakukan gerakan yang mengejutkan.
  3. Usia 11 minggu: bayi sudah bisa membuka mulut dan menghisap jari-jarinya.
  4. Usia 12 minggu: diduga dapat melihat bayi menelan cairan ketuban.
  5. Usia 13 minggu: bayi dengan cepat menggerakkan lengan dan kakinya, melakukan tendangan dan pukulan, dan sudah bisa merespons sentuhan kulit.
  6. Minggu ke 14 – 20, dapat terjadi suatu peristiwa yang disebut quickening. Inilah yang menjadi persepsi pertama tentang gerakan janin oleh ibu.
  7. Minggu ke 20 – 36, semua jenis gerakan janin akan terasa, mulai dari gerakan lemah, kuat, dan berguling. Janin aktif bergerak dengan semua sendi dan tulang belakangnya, sehingga dapat memastikan perkembangan sendi janin baik dan sehat.
  8. Minggu ke 28, semua bayi akan menunjukkan refleks kaget. Janin aktif bergerak dengan mendekatkan kedua lengan dan kakinya ke dada, saat tiba-tiba dikejutkan oleh suara keras, gerakan tiba-tiba, atau ibu terjatuh.
  9. Usia kehamilan trimester ketiga, janin aktif bergerak seperti mengayuh sepeda dengan kedua kakinya. Hal ini justru penting untuk membantu membalikkan posisi bayi agar persalinan normal. Di usia ini pula, pergerakan janin agak terbatas karena terbatasnya ruang sementara ukuran janin semakin membesar.

Seberapa sering janin aktif bergerak di dalam rahim?

Setelah Anda merasakan gerakan janin pertama kalinya, yaitu sekitar 20 – 24 minggu, maka gerakan janin seterusnya akan lebih mudah Anda rasakan. Namun, Anda mungkin tidak selalu bisa merasakannya, terutama bila sedang sibuk atau tidak memperhatikan perut.

Janin aktif bergerak pada waktu-waktu tertentu, terutama pada saat Anda tidur, dan janin akan tidur pada saat Anda bangun. Biasanya, bayi yang belum lahir akan tidur setiap 20 – 40 menit sekali (kadang-kadang hingga 90 menit). Ini akan membuat janin tidak bergerak selama mereka tidur. Selain itu, posisi duduk atau berdiri akan lebih sulit melihat gerakan janin dibandingkan saat Anda berbaring dan memperhatikannya.

Janin akan semakin aktif bergerak setelah memasuki periode kehamilan trimester ketiga. Namun, menjelang proses persalinan tiba (setelah 36 minggu), pergerakan janin mungkin akan terasa berbeda, karena hanya ada sedikit ruang baginya untuk bergerak. Perlu digarisbawahi, janin aktif bergerak dapat menjadi tanda bahwa kondisinya sehat di dalam rahim.

Catatan

Mungkin tidak semua ibu dapat merasakan janin aktif bergerak di dalam rahimnya. Jika Anda tidak merasakan gerakan apa pun dari janin hingga usia kehamilan 24 minggu, segeralah temui dokter atau bidan Anda. Begitu pula, jika Anda merasa bahwa pergerakan janin kurang kuat atau jarang terjadi. Dokter atau bidan mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan kondisi janin di dalam kandungan.

Read More

7 Bahaya Sedot Lemak Bagi Tubuh

Hidup Sehat

Tiap orang memiliki tubuh impian masing-masing. Kebanyakan tentu menginginkan tubuh yang sehat dan tidak mengandung banyak lemak. Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi lemak dalam tubuh seperti diet makanan, olahraga, juga sedot lemak. Cara ketiga cukup banyak dipilih karena mudah dan cepat. Bagian tubuh yang biasa mendapat penanganan berupa sedot lemak yaitu perut, bokong, paha, leher, betis, bahkan dagu. Untuk harga, operasi sedot lemak bisa berkisar dari 28 juta rupiah hingga 49 juta rupiah. Anda tertarik mencobanya? Tunggu dulu.

bahaya sedot lemak

Sebaiknya Anda memahami bahaya sedot lemak sebelum memutuskan menggunakan treatment tersebut. Bahaya sedot lemak bervariasi, ada yang ringan ada yang berat, ada yang permanen ada juga yang bersifat sementara. Berikut ini 7 bahaya sedot lemak bagi tubuh.

  1. Iritasi saraf dan mati rasa

Salah satu bahaya sedot lemak adalah iritasi pada saraf. Iritasi yang terjadi hanya bersifat sementara. Bahaya sedot lemak yang lain yaitu mati rasa pada bagian tubuh yang disedot lemaknya. Dalam kasus tertentu, mati rasa bisa bersifat permanen.

  • Elastisitas kulit memburuk

Proses sedot lemak bisa saja tidak sempurna. Kasus yang umum terjadi yaitu pembuangan lemak tidak merata. Hal tersebut menyebabkan elastisitas kulit memburuk. Hasilnya pun kulit terlihat layu, bergelombang, dan kendur. Lebih bahaya lagi, hal ini bisa bersifat permanen.   

  • Organ dalam rusak

Sedot lemak juga bisa berbahaya bagi organ dalam. Kasusnya memang cukup jarang, namun tetap ada kemungkinan kerusakan organ dalam karena sedot lemak. Pada proses sedot lemak, terdapat alat bernama kanula yang digunakan. Bentuknya berupa tabung tipis. Kanula yang menusuk organ dalam bisa membahayakan. Jika hal ini terjadi, maka operasi darurat harus segera dilaksanakan.

  • Infeksi kulit

Bahaya sedot lemak lainnya adalah infeksi kulit. Dibandingkan bahaya lain, infeksi kulit lebih jarang terjadi. Akan tetapi, kemungkinan terjadi infeksi kulit tetap ada. Bahaya sedot lemak berupa infeksi kulit ini bisa menyebabkan kematian.

  • Emboli lemak

Apakah Anda pernah mendengar emboli lemak? Kondisi ini merupakan salah satu bahaya sedot lemak yang mungkin terjadi. Emboli lemak merupakan potongan-potongan lemak kendur terpecah lalu terperangkap di dalam pembuluh darah, kemudian berkumpul di paru-paru dan menuju otak. Emboli lemak ini cukup berbahaya sebab bisa menyumbat aliran darah.  

  • Keracunan obat anestesi

Saat proses operasi sedot lemak, penghilang rasa sakit yang digunakan yaitu obat bius. Biasanya obat bius yang digunakan adalah lidocaine dalam bentuk injeksi. Obat bius ini aman digunakan, namun tetap ada kemungkinan terjadinya keracunan. Apabila hal tersebut terjadi, maka bisa menyebabkan masalah pada sistem saraf otak dan jantung. 

  • Timbulnya seroma

Setelah operasi sedot lemak selesai dilakukan, bahaya yang mungkin muncul adalah timbulnya kantong cairan atau seroma. Meski bersifat sementara, seroma yang muncul tetap harus ditangani dengan cara memasukkan jarum untuk mengeringkan cairan yang ada. Seroma sendiri biasanya terbentuk di bawah kulit.

Itulah 7 bahaya yang mungkin terjadi setelah Anda melakukan operasi sedot lemak. Untuk lebih amannya, sebaiknya  Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin melakukan sedot lemak. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi risiko yang mungkin terjadi karena sedot lemak. Anda juga bisa mengurangi lemak dalam tubuh dengan berbagai cara lain seperti diet makanan atau olahraga secara teratur, agar terhindar dari bahaya sedot lemak.

Read More

Mengenal Witch Hazel, Tanaman Bersifat Astringent Yang Bermanfaat

Hidup Sehat

Witch hazel telah lama digunakan untuk manfaat medisnya karena memiliki sifat anti peradangan dan astringent. Ada banyak spesies witch hazel, dengan Hamamelis Virginian, asli Amerika Utara, yang paling sering digunakan sebagai obat di Amerika Serikat. Daun dan kulit kayu witch hazel digunakan sebagai teh dan salep. Sering dioleskan pada kulit tubuh dan kepala, witch hazel populer karean kemampuannya dalam meredakan peradangan dan menenangkan kulit yang sensitif. Artikel ini akan membahas berbagai manfaat witch hazel yang bisa Anda dapatkan.

Melawan jerawat

Berkat sifat anti peradangan yang kuat, beberapa penelitian menyatakan bahwa witch hazel dapat bermanfaat dalam merawat jerawat. Witch hazel dapat dioleskan secara langsung ke wajah setelah Anda mencuci muka untuk hasil yang paling efektif. Witch hazel juga bertindak sebagai astringent, menyebabkan jaringan berkontraksi untuk membantu mengecilkan pori-pori, sekaligus menenangkan kulit dan meredakan peradangan. Hal ini dapat mencegah bakteri penyebab jerawat agar tidak menginfeksi kulit. Oleh karena alasan inilah witch hazel sering ditambahkan sebagai bahan produk anti jerawat OTC, dan khususnya cocok bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Namun, penelitian efek witch hazel terhadap jerawat masih sangat terbatas, dan penelitian lanjutan lebih lanjut dibutuhkan untuk menentukan dan memastikan keefektivitasnya.

Mengurangi iritasi kuit

Kulit yang sensitif, ditunjukkan dengan gejala sensorik tidak normal, merupakan sebuah kondisi kulit yang banyak ditemui, dan diperkirakan terjadi pada 45% populasi manusia. Beberapa penelitian menyatakan mengoleskan witch hazel secara topikal pada kulit yang sensitif dapat bermanfaat sebagai bentuk perawatan kulit yang meradang, iritasi, dan rusak. Faktanya, witch hazel terbukti dapat menekan erythema, kemerahan kulit yang disebabkan karena cidera atau iritasi sebanyak 27 persen. Selain itu, sebuah studi pada 40 orang menunjukkan bahwa menggunakan losion dengan kandungan ekstrak witch hazel sedikitnya 10 persen efektif dalam mengurangi peradangan kulit dan merawat erythema. Studi kecil lain juga menunjukkan campuran topikal yang mengandung witch hazel dapat meredakan kulit wajah yang sensitif ataupun iritasi.

Meredakan peradangan

Peradangan merupakan respon kekebalan tubuh yang normal dan didesain untuk melindungi tubuh dari cidera dan infeksi. Akan tetapi, peradangan kronis dianggap memainkan peran utama dalam perkembangan beberapa jenis penyakit serius. Witch hazel mengandung banyak senyawa dengan sifat anti peradangan yang kuat, termasuk asam gallic dan tannin. Witch hazel juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah penyebaran peradangan dan menetralkan radikal bebas, yang mana merupakan senyawa penyebab penyakit yang dapat menumpuk di dalam tubuh. Sehingga, witch hazel dapat bermanfaat dalam perawatan kondisi kesehatan tubuh yang berhubungan dengan peradangan, misalnya jerawat, eksim, dan psoriasis. Penelitian menunjukkan witch hazel yang dioleskan secara topikal dapat dengan efektif mengurangi peradangan dan membantu menenangkan kulit Anda.

Membantu merawat ambeien

Ambeien disebabkan karena peradangan dan pembengkakan pembuluh darah di dubur dan rectum, menyebabkan sebuah kondisi dengan gejala seperti rasa gatal dan pendarahan di daerah tersebut. Witch hazel sering digunkana sebagai obat alami untuk mengatasi rasa tidak nyaman dan rasa sakit yang disebabkan karena ambeien.

Witch hazel merupakan sebuah astringent yang biasa digunakan sebagai obat topikal alami. Witch hazel mengandung beberapa senyawa dengan sifat anti peradangan dan anti virus, menjadikan tanaman ini sangat bermanfaat dalam merawat berbagai kondisi medis, mulai dari jerawat dan sensitivitas kulit kepala, hingga ambeien.

Read More

Selain Pusar Berair, Waspada dengan Masalah Pada Pusar Berikut

Hidup Sehat

Pernahkan Anda memperhatikan pusar Anda? Beberapa orang bahkan tidak terlalu memperhatikan pusar mereka, padahal pada bagian tubuh tersebut terdapat sedikit kotoran yang menumpuk dan lama kelamaan bisa menyebabkan masalah yang lebih besar.

pusar berair

Bahkan tidak sedikit pusar berair dan bisa menimbulkan sedikit bau. Akan tetapi, sedikit bau dari pusar biasanya bukanlah masalah besar. Namun, bila bau yang ditimbulkan semakin pekat, pusar berair hingga menimbulkan nyeri maka ada baiknya untuk segera menghubungi dokter. Berikut beberapa masalah pusar yang umum terjadi.

Masalah yang terjadi pada pusar

  1. Pusar berair

Kondisi ini biasanya bisa menjadi sebuah tanda bahwa pusar Anda mengalami infeksi yang diakibatkan adanya bakteri, jamur, dan kuman lain yang ada di dalam pusar. Cairan tersebut umumnya berwarna putih, kekuningan hingga kecoklatan. Bahkan bukan tidak mungkin akan berkembang menjadi perdarahan.

Ada beberapa hal yang menyebabkan pusar berair yang dapat menimbulkan bau, seperti:

  • Infeksi bakteri, pusar rata-rata adalah rumah bagi hampir 70 jenis bakteri yang berbeda. Jika Anda tidak membersihkan area tersebut dengan baik, bakteri tersebut dapat menyebabkan infeksi. Infeksi bakteri tersebut tersebutlah yang menyebabkan keluar cairan berwarna kuning atau hijau dan berbau busuk hingga berkembang dan pusar mengalami pembengkakak, nyeri, dan terdapat luka pada sekitaran pusar.
  • Infeksi jamur, penyebab lain dari pusar berair adalah kandidiasis yaitu infeksi jamur yang disebebkan oleh Candida. Sejenis jamur yang biasanya tumbuh di area tubuh yang lembab dan gelap. Pun dapat terjadi pada lipatan kulit, seperti area selangkangan dan di bawah lengan Anda. Jamur tersebut pun bisa menetap di pusar Anda terutama jika Anda tidak menjaga kebersihannya. Kandidiasis pada pusar akan menyebabkan ruam merah yang gatal dan mengeluarkan cairan di pusar berwarna putih kental.
  • Diabetes, hal lain penyebab keluarnya cairan di pusar adalah orang yang menderita diabetes. Pasalnya, penderita diabetes memiliki risiko yang lebih besar terkena infeksi jamur. Pun, bukan tidak mungkin penderita diabetes akan mengalami infeksi jamur pada pusar juga.
  • Adanya benjolan di atau dekat tombol perut

Beberapa orang ada yang memiliki benjolan dekat atau di pusar sejak mereka lahir. Namun, ada pula orang yang merasakan benjolan baru-baru ini. Berikut beberapa masalah yang menyebabkan munculnya benjolan tersebut:

  • Hernia, kondisi ini muncul ketika sebuah lubang berbentuk di otot perut Anda sehingga membuat bagian usus mendorong dan menyebabkan benjolan tersebut. Hernia di dalam atau di dekat pusar disebut hernia umbilikalis. Tanda yang muncul pada kondisi tersebut, seperti tonjolan atau benjolan akan hilang saat Anda berbaring dan akan terasa nyeri semakin parah dari waktu ke waktu, terutama saat Anda mengangkat, mengejan, atau duduk dan berdiri dalam waktu yang lama.
  • Omphalitis, jika Anda merasa ada seperti batu di dalam pusar Anda bisa jadi hal tersebut adalah omphalitis atau infeksi tali pusar.
  • Kemerahan, panas, bengkak di dekat tindikan

Jika Anda memiliki tindikan di pusar, maka memerlukan perhatian ekstra. Karena dapat berkembang menjadi sebuah infeksi. Jika infeksi terjadi maka akan menyebabkan kemerahan, kulit terasa panas saat disentuh, rasa sakit pada daerah pusar, pengerasan kulit, pengelupasan hingga pusar berair. Jika Anda mengalami hal tersebut, ada baiknya untuk segera menemui dokter, karena mungkin Anda membutuhkan antibiotik. Jika salah satu penyebab di atas membuat Anda demam, kemerahan pada bagian pusar atau sekitarnya, nyeri pada perut, nyeri saat buang air kecil hingga pusar berair sampai mengalami perdarahan, saat itulah Anda harus segera menemui dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,

Read More

Mau Ngemil Saat Bekerja? Coba Camilan Sehat Ini

Hidup Sehat

Pekerjaan di kantor sering kali membuat stres, bagi beberapa orang stres dapat memicu mereka untuk makan lebih banyak, mengonsumsi camilan misalnya. Akan tetapi, sering kali camilan yang Anda pilih bukanlah camilan sehat yang baik untuk tubuh. Bahkan tidak sedikit camilan yang Anda konsumsi justru menghadirkan masalah baru dalam kesehatan.

Oleh karena itu, memilih camilan sehat sangat disarankan untuk Anda. Selain baik bagi tubuh, mengonsumsi camilan yang sehat pun dipercaya dapat membuat Anda menjadi lebih semangat dan fresh dalam menghadapi pekerjaan kantor. Berikut beberapa camilan sehat dan enak yang cocok untuk Anda konsumsi bersama rekan kerja.

Sandwich

Sandwich atau yang biasa disebut juga dengan roti lapis ini bisa menjadi camilan sehat saat Anda berada di kantor. Mungkin untuk sandwich berukuran normal lebih cocok dikonsumsi saat sarapan atau makan siang. Nah, Anda bisa pilih sandwich berukuran yang lebih kecil untuk ngemil.

Supaya sehat, pilih roti gandung dan beberapa lapisan yang juga tidak mengandung banyak kalori, seperti potongan kecil dada ayam tanpa lemak serta sayuran. Sandwich kecil ini dengan lapisan seperti di atas mengandung banyak vitamin an mineral yang baik bagi tubuh serta kalori yang kurang dari 300 kalori. Camilan lain dengan roti pun bisa Anda buat dengan menambahkan selai kacang atau olesan selai buah rendah gula pada roti gandum.

Apel dan selai kacang

Paduan camilan sehat ini seperti terlihat Anda ngemil kacang dan buah namun dengan olahan yang berbeda. Apel memiliki banyak sekali serat dan vitamin yang terkandung di dalamnya, sangat cocok jika disajikan dengan selai kacang yang di colekkan pada buah apel. Bagi Anda yang alergi terhadap kacang-kacangan, ngemil buah menjadi pilihan yang paling benar untuk camilan di kantor.

Yogurt

Selain sebagai camilan sehat, yogurt pun bisa menjadi tambahan yang sangat baik untuk diet apapun yang sedang Anda jalani. Pilihan sajian yang dapat menggugah selera, Anda dapat menambahkan beberapa potong buah sebagai campuran yogurt. Jangan lupa untuk pilih yogurt rendah lemak, ya! Yogurt terdiri dari kalsium, protein serta probiotik yang baik bagi tubuh.

Pop corn

Tidak hanya cocok dikonsumsi saat menonton film di bioskop saja, berondong atau pop corn pun bisa menjadi pilihan camilan saat Anda di kantor. Biji jagung termasuk sebagai biji-bijian yang tinggi akan serat dan rendah kalori selama Anda tidak mencampur atau memadukan pop corn dengan mentega cair ataupun gula.

Jika pop corn saja kurang menarik lidah, Anda bisa menaburkan keju atau sedikit bumbu pada pop corn tersebut. Tidak hanya itu, pop corn juga mengandung antioksidan yang disebut polifenol yang dapat membantu melindungi diri dari kondisi kronis, seperti penyakit jantung.

Buah

Sepertinya semua orang pasti tahu bahwa buah merupakan camilan sehat yang paling sempurna. Contohnya saja satu buah pir dan beberapa butir kacang almond mengandung banyak sekali vitamin, mineral, serat, dan lemak sehat. Tentu saja semua kandungan tersebut sangat baik bagi tubuh Anda terlebih lagi disajikan diwaktu rawan lapar saat di kantor. Selain buah pir, Anda pun bisa ngemil buah lainnya seperti pisang, pepaya, apel, semangka hingga buah naga.

Salad sayuran

Ngemil salad di kantor? Kenapa tidak! Sayuran mengandung banyak sekali vitamin serta mineral, namun pilih sayuran yang rendah kalori dan tinggi serat. Campurkan juga kacang-kacangan untuk membuat rasa semakin berwarna. Jika salad berukuran standar membuat lebih kenyang, Anda dapat membagi dua salah tersebut, untuk kemudian sisanya dapat Anda konsumsi pada sore hari. 

Kacang berlapis cokelat hitam

Ingin mengemil cokelat tapi takut berat badan malah bertambah? Nah, mungkin Anda bisa membuat camilan cokelat sendiri. Yaitu membuat kacang berlapis cokelat hitam. Kacang berlapis cokelat hitam addalah camilan manis namun tetap bergizi yang dapat Anda nikmati di kantor.

Cokelat hitam atau dark chocolate sendiri kaya akan antioksidan yang dapat melawan molekul yang disebut radikal bebas yang dapat merusak sel. Pun dengan kacang, kacang-kacangan menyumbangkan protein dan lemak sehat yang sangat banyak serta dapat membuat Anda kenyang. Anda bis amencari cokelat hitam yang tidak mengandung gula atau setidaknya mengandung 50% kako, karena memiliki lebih banyak antioksidan daripada kandungan lainnya.

Pada dasarnya banyak sekali camilan sehat yang bisa Anda konsumsi ketika berada di kantor selain camilan di atas. Pastikan camilan yang Anda konsumsi tidak mengandung gula yang terlalu banyak. Karena, memilih camilah sehat di tempat kerja adalah cara terbaik untuk tetap berenergi dan produktif. Dengan pilihan ngemil sehat tapi enak tersebut Anda dapat sekaligus menjalanjan diet sehat selama di kantor.

Read More

Lengkap! Ini Manfaat Buah Tin bagi Ibu Hamil

Hidup Sehat
Manfaat buah tin untuk pria dibalik risikonya yang mengintai

Tin, ara, atau fig merupakan buah yang cukup spesial, terutama bagi kaum muslim. Pasalnya, buah ini tertulis secara jelas di dalam Alquran pada satu surat khusus bernama sama, yakni At-Tin. Buah ini diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dari sekian banyak, salah satu manfaat buah tin adalah baik untuk kesehatan ibu hamil.

Buah tin merupakan tumbuhan asli Asia Barat, meski dapat tumbuh dan berkembang di tempat lain. Bahkan kini telah banyak dikembangbiakkan di luar benua Asia. Tumbuhan ini berasal dari genus Ficus, yang berarti tumbuh-tumbuhan yang secara alamiah tumbuh di daerah tropis dengan sejumlah spesies hidup di zona ugahari.

Sebenarnya, pohon ini tidak berbuah. Yang disebut buah tin sendiri merupakan adalah dasar bunga yang membentuk bulatan. Buahnya berukuran panjang tiga hingga 5 cm, berwarna hijau. Beberapa kultivar berubah warna menjadi ungu jika masak.

Buah tin termasuk aman dikonsumsi oleh ibu hamil lantaran tak memiliki kandungan yang berisiko terhadap kesehatan janin. Namun, konsumsi berlebih juga tetap tidak disarankan. Menurut medis tin termasuk buah yang paling sehat lantaran mengandung mineral esensial, gula, lemak, zat besi, dan kalsium yang dibutuhkan ibu hamil serta janin.

Adapun secara mendetail berikut manfaat buah tin yang bisa didapatkan ibu hamil jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat:

  • Cukupi Kebutuhan Kalsium

Salah satu manfaat buah tin yang bisa didapatkan ibu hamil adalah buah ini berperan sebagai asupan kalsium. Kalsium adalah elemen penting bagi perkembangan tulang serta gigi janin, termasuk ibunya.

Ibu hamil yang mengonsumsi buah tin bisa membuat tulang-tulang mereka kuat selama dan setelah kehamilan. Kemudian, kalsium ini bisa menjaga tubuh ibu hamil tetap bugar dan kuat untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari.

  • Penuhi Omega-3 dan Folat

Manfaat buah tin selanjutnya adalah baik bagi perkembangan otak janin. Pasalnya, buah tin kaya akan kandungan omega-3 dan folat. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sepanjang proses kehamilan, omega-3 dan folat merupakan nutrisi yang amat dibutuhkan janin serta ibu hamil.

  • Menstabilkan Nafsu Makan

Buah tin mampu mencegah ibu hamil dari beragam risiko kesehatan, seperti diabetes gestasional dan/atau obesitas. Pasalnya, buah tin berkhasiat menstabilkan nafsu makan ibu hamil yang cenderung meningkat secara alamiah.

Buah tin dapat memberi manfaat tersebut lantaran di dalam buah tin terkandung sifat basa sehingga bisa mengekang rasa lapar serta mengendalikan rasa mengidam para ibu hamil.

  • Kaya Zat Besi

Selain omega-3 dan folat, nutrisi lain yang dibutuhkan selama periode kehamilan adalah zat besi. Ibu hamil harus selalu memenuhi kebutuhan zat besinya. Pasalnya, kekurangan zat besi dapat menyebabkan kurangnya suplai oksigen pada janin. 

Manfaat buah tin bagi ibu hamil mampu memenuhi kebutuhan akan zat besi tersebut. Karena dalam buah tin terkandung zat besi yang cukup untuk tubuh, sehingga mencegah kelelahan dan anemia.

  • Cegah Sembelit

Keluhan umum yang kerap dirasakan oleh ibu hamil adalah masalah pencernaan, tepatnya sembelit. Buah tin dapat dimanfaatkan ibu hamil untuk membantu mengatur pergerakan usus serta mencegah keluhan tersebut terjadi karena buah ini mengandung banyak serat yang baik bagi kesehatan pencernaan.

Tak hanya itu, kandungan probiotik yang ada di dalam buah tin juga mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus guna membantu pencernaan ibu hamil tetap sehat.

  • Cegah Preeklamsia

Secara umum, preeklamsia adalah kondisi peningkatan tekanan darah disertai dengan adanya protein dalam urine. Komplikasi kehamilan ini berpotensi berbahaya dan biasanya ditandai dengan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium dalam buah tin membantu mengelola tingkat tekanan darah. Kandungan kalium tersebutlah yang berperan dan menghadirkan manfaat untuk mengurangi risiko preeklamsia.

***

Itulah beberapa manfaat buah tin yang populer bagi ibu hamil. Mungkin masih ada manfaat-manfaat lain yang tidak atau belum terpetakan. Namun, bukan berarti Anda bisa makan buah ini secara serampangan, ya. Sebab semua yang berlebihan dan tidak sesuai dengan porsinya akan menimbulkan efek yang buruk bagi tubuh.

Read More

Kebiasaan Merokok Sebabkan Batuk Kronis, Berikut Cara Meredakannya

Hidup Sehat

Kebiasaan merokok memang memberikan dampak buruk sekali bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mengalami batuk yang susah sekali sembuh. Bahkan ada istilah batuk perokok (smoker’s cough), yaitu saat batuk yang Anda alami tidak kunjung reda dalam waktu 3 minggu.

Selain batuk perokok, ada juga batuk kronis yang juga disebabkan oleh keboasaan merokok. Beda batuk perokok dengan batuk kronis adalah jika kondisi batuk tidak kunjung mereda setelah 8 minggu.

Bahaya Rokok yang Menyebabkan Batuk

Batuk memang menjadi salah satu bahaya yang paling sering mengintai para perokok. Hal ini karena banyaknya zat kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Menurut faktanya, di dalam rokok, terdapat lebih dari 7000 senyawa kimia, 250 senyawa kimia di antaranya diketahui mengandung racun, serta lebih dari 70 bahan kimia diidentifikasi dapat menyebabkan kanker.

  • Zat Kimia yang Mengganggu Saluran Pernapasan

Zat kimia berbahaya yang terkandung di dalam rokok akan mengganggu fungsi kerja silia saat masuk ke tubuh. Silia adalah rambut-rambut halus yang ada di saluran pernapasan. Fungsinya adalah untuk menyaring racun agar tidak masuk ke saluran pernapasan.

Adapun zat kimia yang mengganggu fungsi silia ini salah satunya adalah formladehid yang ada di dalam rokok. Zat ini mengurangi panjang silia dan memperlambat pergerakannya. Sehingga racun akan semakin mudah masuk ke dalam paru-paru.

  • Zat Kimia yang Menyebabkan Peradangan

Lalu, selanjutnya akan terjadi peradangan yang membuat tubuh bereaksi untuk menyingkirkan racun tersebut. Caranya adalah dengan batuk. Itulah kenapa pada perokok, sering mengalami batuk bahkan sangat parah.

Batu kronis dipicu oleh kebiasaan merokok yang akan menjadi tambah parah saat bangun tidur. Sebab, silia tidak terpengaruh saat tidur karena tidak ada aktivitas merokok. Sehingga silia dapat bekerja dengan baik dan menyaring serta mengeluarkan banyak zat kimia saat Anda bangun tidur.

Penanganan Medis bagi Penderita Batuk Kronis

Agar penyakit batuk kronis yang diderita bisa segera ditangani, sebaiknya Anda menemui dokter dan berkonsultasi untuk mendapatkan pengobatan.

Seperti biasa, dokter akan bertanya mengenai riwayat kesehatan serta keluhan-keluhan yang dirasakan. Dokter juga akan memeriksa kondisi fisik, dan pemeriksaan lainnya yang membantu menegakkan diagnosis.

Jangan khawatir, sebab peserta BPJS Kesehatan bisa memperoleh pelayanan medis yang lengkap. BPJS Kesehatan menanggung pelayanan kesehatan untuk penyakit asma bronkhial, yang salah satu penyebabnya oleh paparan asap rokok.

Salah satu diagnosis bandingan untuk asma bronkhial ini adalah batuk kronis.

Nanti dokter akan memberikan obat jenis bronkodilator dan kortikosteroid. Kedua obat ini biasanya dikonsumsi secara bersamaan. Bronkodilator membantu meregangkan otot sekitar saluran pernapasan, sedangkan kortikosteroid membantu meredakan peradangan yang terjadi di sekitar saluran pernapasan.

Cara Meringankan Batuk Kronis Karena Rokok

Menghentikan kebiasaan merokok adalah satu-satunya cara terbaik meredakan dan menghentikan batuk yang dialami. Selain berhenti merokok, Anda juga dapat melakukan beberapa anjuran berikut ini:

  • Legakan tenggokokn dengan obat batuk atau permen pelega tenggorokan
  • Agar dahak tidak menumpuk pada tenggorokan, posisikan kepala lebih tinggi dari badan ketika tidur
  • Berkumurlah dengan air garam
  • Perbanyak minum air putih, setidaknya 6-8 gelas air per hari. Ini bertujuan agar lendir di paru-paru atau di tenggorokan tidak bertambah
  • Hindari minum kopi dan alkohol agar batuk tidak menjadi parah
  • Hirup uap air rebusan daun mint atau daun kayu putih
  • Konsumsi madu untuk meredakan gejala batuk
  • Rutin berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit dalam sehari.

Cara-cara di atas tentu saja dapat mengurangi gejala bahkan menghentikan batuk yang diderita, jika kebiasaan merokok sudah dihentikan. Menghentikan kebiasaan merokok memanglah tidak mudah. Namun, melihat bahaya yang ditimbulkan bagi kesehatan sangat banyak, sebaiknya Anda segera berhenti merokok. Lakukan dengan perlahan dan niat yang bulat.

Read More

Mengenal Diskektomi, Prosedur Pengangkatan Cakram Tulang Belakang

Hidup Sehat

Diskektomi adalah sebuah tindakan medis bedah untuk mengangkat cakram tulang belakang yang terherniasi dan menekan akar saraf atau sumsum tulang belakang. Tindakan medis ini biasanya dilakukan dalam bentuk mikrodiskektomi, yang mana menggunakan mikroskop khusus untuk melihat cakram dan saraf. Tampilan yang lebih besar tersebut akan mengijinkan dokter ahli bedah untuk membuat sayatan yang lebih kecil tanpa merusak jaringan yang ada di sekitarnya. Sebelum cakram tulang belakang diangkat, sebagian kecil tulang (lamina) di tulang belakang akan diangkat. Tindakan medis ini disebut dengan nama laminectomy dan bertujuan agar dokter ahli bedah dapat melihat cakram yang rusak dengan lebih jelas. Diskektomi biasanya dilakukan di rumah sakit. Anda akan tertidur atau mati rasa pada saat operasi berlangsung. Anda juga umumnya akan menjalani rawat inap satu malam di rumah sakit untuk pemantauan.

Mengapa diskektomi perlu dilakukan?

Diskektomi dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi rasa sakit dan membuat Anda dapat bergerak dan berfungsi seperti semula. Dokter akan merekomendasikan operasi diskektomi apabila Anda:

  • Memiliki rasa sakit, mati rasa, dan kelemahan pada bagian kaki yang membuat Anda tidak dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan bebas
  • Gejala yang dirasakan pada kaki tidak kunjung membaik setelah menjalani perawatan non-operasi selama 4 minggu
  • Hasil dari pemeriksaan fisik menunjukkan bahwa Anda memiliki kelemahan, hilangnya pergerakan, atau rasa tidak normal yang akan semakin membaik apabila operasi dilakukan

Sementara itu, operasi diskektomi dianggap sebagai perawatan kegawatdaruratan apabila Anda memiliki sindrom cauda equina, dengan tanda-tanda seperti kehilangan kontrol usus dan kandung kemih, rasa lemah pada kedua kaki, dan mati rasa atau kesemutan pada pantat, daerah kelamin, dan kedua kaki.

Diskektomi apakah berisiko?

Meskipun operasi cakram tulang belakang rusak atau terherniasi tidak untuk semua orang, banyak orang mengalami kemajuan setelah mendapatkan tindakan bedah medis ini. Sebuah studi yang bernama SPORT secara acak menugaskan 500 orang ke dalam dua kelompok, grup satu mendapatkan operasi diskektomi sedangkan grup dua tidak. Penelitian tersebut menemukan bahwa setelah 2 tahun kebanyakan orang dari grup penelitian tersebut merasa lebih baik dan dapat kembali melakukan hal-hal yang aktif. Mereka yang mendapatkan operasi merasa sedikit lebih baik dibandingkan dengan yang tidak. Namun, perbedaan tersebut tidak terlalu besar sehingga tidak cukup untuk menyimpulkan bahwa perawatan ini lebih baik.

Studi lain mengikuti 500 orang dalam kurun waktu 100 tahun dengan kondisi serupa, beberapa mendapatkan diskektomi dan sisanya tidak. Studi tersebut menemukan bahwa orang-orang yang memiliki rasa sakit sedang hingga parah merasa lebih baik setelah mendapatkan operasi. Namun, setelah 5 hingga 10 tahun, orang-orang dari kedua grup dapat melakukan aktivitas sehari-hari dalam kadar yang sama baik mereka mendapatkan operasi atau tidak. Selain itu, sama halnya dengan tindakan bedah medis lain, ada risiko yang menghantui diskektomi, seperti operasi tidak selamanya dapat memberikan hasil yang memuaskan, dalam artian tidak ada garansi perawatan ini lebih baik daripada perawatan lain. Diskektomi juga berisiko merusak tulang belakang atau saraf dan berisiko menyebabkan infeksi. Risiko juga dapat dari obat bius yang digunakan.

Diskektomi cakram tulang belakang terherniasi atau rusak dapat menyediakan rasa lega dari rasa sakit dengan lebih cepat dibandingkan dengan perawatan non-bedah. Namun masih jelas apakah operasi tersebut benar-benar membuat perubahan dibandingkan dengan perawatan lain di kemudian hari.

Read More

Ketika Anestesi Umum Berujung pada Hal-Hal yang Tidak Diinginkan

Hidup Sehat

Dalam beberapa prosedur medis, utamanya operasi, dibutuhkan sebuah anestesi. Anestesi dapat dimengerti sebagai pembiusan. Ada dua macam anestesi, yakni lokal dan anestesi umum. Yang disebut terakhir dikenal juga dengan bius total. Dua jenis itu memungkinkan pasien tidak merasakan apa yang tengah terjadi pada dirinya.

Namun, pernahkah Anda berpikiran bahwa ada kondisi-kondisi di mana anestesi umum tidak berjalan dengan baik sehingga berujung dengan kondisi “yang menyeramkan”? Ya, nyatanya anestesi umum bisa saja gagal.

Kegagalan atau keberhasilan anestesi umum tidak dapat dipisahkan. Pasalnya, anestesi adalah sebuah sistem yang saling berkaitan. Sistem ini dapat terdiri dari manusia dan juga komponen-komponen teknik, yang dikenal dengan istilah “sistem manusia-mesin (Man-machine system).

Dalam sistem anestesia yang termasuk komponen adalah ahli anestesi, pasien, mesin anestesi, mesin pemantau, personil ruang operasi (ahli bedah, perawat, teknisi), peralatan ruang operasi, dan fasilitas lain juga kebijaksanaan pihak rumah sakit.

Kesemua komponen tersebut harus dipertimbangkan sebagai suatu penyebab timbulnya faktor yang dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh sistem.

Telah banyak penelitian yang berusaha untuk menentukan kejadian komplikasi akibat anestesi umum. Dari sana, didapat tiga kemungkinan terbesar yang dapat menyebabkan semua itu terjadi. Di antaranya:

  • Kesalahan Manusiawi

Tidak dapat dimungkiri jika manusia adalah tempatnya kesalahan. Oleh karenanya timbul istilah “manusiawi” dalam setiap kekeliruan yang dibuat oleh seorang manusia. Hal ini memang terdengar seperti sebuah pembelaan, tetapi begitulah adanya.

Yang dianggap “manusiawi” di sini adalah kekeliruan perencanaan karena adanya penyebab kurangnya pengetahuan sehingga timbul kegagalan bereaksi terhadap suatu kondisi yang di luar kebiasaan atau hukum yang dianut.

Selain itu juga termasuk di sini adalah kesalahan pelaksanaan yang biasanya akibat ketidakjelasan instruksi. Juga kesalahan karena kegagalan ingatan atau lupa. Ada pendapat yang beranggapan bahwa untuk meningkatkan keamanan dalam anestesia umum secara efektif adalah dengan menghilangkan “kesalahan manusiawi” ini, walaupun hal ini tidak mungkin karena kesalahan adalah karakteristik yang normal untuk manusia.

  • Faktor Manusia

Tak jauh beda dengan fator pertama, tetapi di sini yang dimaksud dengan “faktor manusia” adalah keadaan di mana timbulnya suatu kejadian kritis karena kegagalan bereaksi terhadap informasi yang timbul.

Faktor manusia yang banyak diteliti adalah “kelelahan”. Dikatakan bahwa tidak ada seorang anestesiolog yang boleh dan/atau diwajibkan melakukan rutinitas yang panjang pada keesokan harinya apabila sepanjang malam sebelumnya ia terjaga atau bertugas.

Faktor lainya adalah ketergesa-gesaan, kurang hati-hati, kurang perhatian, faktor usia, komunikasi yang buruk dengan tim, faktor visual, faktor mental dan fisik, ketakutan sampai faktor kurangnya konsentrasi karena masalah pribadi.

  • Kemungkinan Faktor Lain

Dalam anestesi umum, faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab timbulnya suatu kejadian kritis atau bahkan kematian di antaranya adalah faktor pasien, prosedur operasi, dan anestesia itu sendiri.

Dipandang dalam suatu sistem yang kompleks antara manusia dan teknologi seperti anestesi, terdapat dua katagori kegagalan: aktif dan laten. Kegagalan aktif melibatkan reaksi dari operator (anestesiolog) pada suatu sistem yang kompleks di mana ia bekerja. Sedangkan kegagalan laten, adalah suatu kegagalan yang sudah ada dalam sistem itu sendiri.

***

Kecelakaan dalam anestesia umum dapat dikategorikan sebagai tindakan yang dapat dicegah dan tidak dapat dicegah. Beberapa hal yang tidak diinginkan, sebagai contoh, seperti sindrom kematian mendadak, reaksi obat yang mematikan, atau hasil yang buruk yang terjadi meskipun menggunakan manajemen yang tepat.

Namun, penelitian dari anestesia yang terkait bahwa kematian atau nyaris celaka sebagian besar dapat dicegah. Kuncinya adalah, petugas terkait dalam prosedur anestesi umum diwajibkan untuk selalu berpegang pada prinsip-prinsip keselamatan pasien.

Read More

Ulu Hati Sakit? Apa Yang Perlu Dilakukan?

Hidup Sehat

Wanita yang hamil perlu menjaga kondisi janin agar tetap sehat. Namun, gejala atau penyakit mungkin dapat mempengaruhi perkembangan janin. Salah satunya adalah ulu hati sakit yang terjadi pada ibu hamil ketika memasuki trimester ketiga. Ulu hati sakit terjadi setelah mengkonsumsi makanan dimana gejala tersebut disertai dengan sensasi panas seperti terbakar. Masalah tersebut juga dipengaruhi oleh naiknya hormon progesteron.

Ulu hati sakit saat hamil lebih rentan terjadi saat mereka memasuki trimester ketiga. Masalah tersebut bisa terjadi karena janin yang berkembang mulai menekan lambung. Meskipun rentan terjadi, gejala ulu hati dapat diatasi dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Penyebab Ulu Hati Sakit

Ulu hati sakit terjadi karena wanita hamil merasakan sensasi terbakar di belakang payudara dan naik ke esofagus. Masalah tersebut bisa terjadi dan disebabkan oleh pelonggaran pada katup antara perut dan esofagus. Masalah ini dapat membuat asam lambung naik ke esofagus.

Kondisi seperti ini akan memburuk jika wanita hamil mengkonsumsi makanan pedas. Tidak hanya itu, ulu hati sakit juga bisa terjadi pada orang yang belum hamil, dan mereka akan lebih sering mengalami gejala seperti ini.

Ulu hati sakit juga terjadi karena faktor sebagai berikut:

  • Hormon

Ketika mengandung, hormon progesteron memicu pelonggaran pada otot yang mengatur katup antara perut dan esofagus. Otot esofagus seharusnya tertutup rapat supaya dapat mencegah asam lambung naik ke atas. Karena hormon progesteron meningkat, otot esofagus tidak dapat menutupinya. Hal tersebut dapat menyebabkan asam lambung mencapai hingga ke bagian tenggorokan.

  • Ukuran janin

Jika ukuran janin membesar, seiring dengan pertambahan usia, maka ruang untuk janin akan bertambah sempit. Masalah tersebut dapat membuat janin memberi tekanan pada perut dan peningkatan pada asam lambung.

  • Proses cerna

Ulu hati sakit juga disebabkan oleh proses cerna yang lambat. Wanita hamil yang mengkonsumsi makanan dengan banyak atau secara berlebihan dapat membuat proses pencernaan lebih lama.

Gejala Ulu Hati Sakit

Ulu hati sakit yang dialami wanita hamil juga dapat memicu gejala lain berupa:

  • Kembung.
  • Sering mengeluarkan sendawa.
  • Merasakan pahit di bagian mulut.
  • Radang tenggorokan.
  • Sering batuk.

Cara Mengatasi Ulu Hati Sakit

Jika Anda merupakan salah satu wanita hamil dan ulu hati Anda sakit, Anda sebaiknya terapkan beberapa cara di bawah untuk mencegah hal tersebut terjadi:

  1. Pilih makanan khusus

Anda perlu mengkonsumsi makanan khusus dengan menghindar makanan yang memiliki kadar asam dan tingkat kepedasan yang tinggi. Makanan seperti ini dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Tidak hanya itu, Anda juga sebaiknya hindari tomat, bawang, kafein, cokelat, dan soda. Anda juga jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng atau berlemak, karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

  • Konsumsi makanan secukupnya

Anda perlu mengkonsumsi makanan secukupnya, namun dalam porsi kecil untuk membantu proses pencernaan.

  • Duduk tegak

Anda juga perlu duduk tegak ketika makan untuk mencegah asam lambung naik hingga ke bagian esofagus. Selain itu, Anda jangan langsung berbaring setidaknya selama 30 hingga 60 menit.

  • Atur pola tidur

Anda juga perlu menerapkan pola tidur yang teratur dengan mengatur posisi kepala dan dada lebih tinggi untuk mendukung proses cerna yang maksimal.

  • Mengenakan pakaian longgar

Anda juga sebaiknya jangan mengenakan pakaian ketat. Memakai pakaian ketat dapat membuat asam lambung naik ke esofagus.

  • Minum secukupnya

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan minum secukupnya setelah makan. Anda sangat tidak dianjurkan untuk minum terlalu banyak jika ingin melancarkan proses pencernaan.

Ulu hati sakit dapat diatasi dengan melakukan cara-cara yang disebutkan di atas. Anda juga dapat berdiskusi dengan dokter jika Anda ingin menggunakan obat untuk mengatasi ulu hati sakit.

Read More