Kebiasaan Merokok Sebabkan Batuk Kronis, Berikut Cara Meredakannya

Hidup Sehat

Kebiasaan merokok memang memberikan dampak buruk sekali bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mengalami batuk yang susah sekali sembuh. Bahkan ada istilah batuk perokok (smoker’s cough), yaitu saat batuk yang Anda alami tidak kunjung reda dalam waktu 3 minggu.

Selain batuk perokok, ada juga batuk kronis yang juga disebabkan oleh keboasaan merokok. Beda batuk perokok dengan batuk kronis adalah jika kondisi batuk tidak kunjung mereda setelah 8 minggu.

Bahaya Rokok yang Menyebabkan Batuk

Batuk memang menjadi salah satu bahaya yang paling sering mengintai para perokok. Hal ini karena banyaknya zat kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Menurut faktanya, di dalam rokok, terdapat lebih dari 7000 senyawa kimia, 250 senyawa kimia di antaranya diketahui mengandung racun, serta lebih dari 70 bahan kimia diidentifikasi dapat menyebabkan kanker.

  • Zat Kimia yang Mengganggu Saluran Pernapasan

Zat kimia berbahaya yang terkandung di dalam rokok akan mengganggu fungsi kerja silia saat masuk ke tubuh. Silia adalah rambut-rambut halus yang ada di saluran pernapasan. Fungsinya adalah untuk menyaring racun agar tidak masuk ke saluran pernapasan.

Adapun zat kimia yang mengganggu fungsi silia ini salah satunya adalah formladehid yang ada di dalam rokok. Zat ini mengurangi panjang silia dan memperlambat pergerakannya. Sehingga racun akan semakin mudah masuk ke dalam paru-paru.

  • Zat Kimia yang Menyebabkan Peradangan

Lalu, selanjutnya akan terjadi peradangan yang membuat tubuh bereaksi untuk menyingkirkan racun tersebut. Caranya adalah dengan batuk. Itulah kenapa pada perokok, sering mengalami batuk bahkan sangat parah.

Batu kronis dipicu oleh kebiasaan merokok yang akan menjadi tambah parah saat bangun tidur. Sebab, silia tidak terpengaruh saat tidur karena tidak ada aktivitas merokok. Sehingga silia dapat bekerja dengan baik dan menyaring serta mengeluarkan banyak zat kimia saat Anda bangun tidur.

Penanganan Medis bagi Penderita Batuk Kronis

Agar penyakit batuk kronis yang diderita bisa segera ditangani, sebaiknya Anda menemui dokter dan berkonsultasi untuk mendapatkan pengobatan.

Seperti biasa, dokter akan bertanya mengenai riwayat kesehatan serta keluhan-keluhan yang dirasakan. Dokter juga akan memeriksa kondisi fisik, dan pemeriksaan lainnya yang membantu menegakkan diagnosis.

Jangan khawatir, sebab peserta BPJS Kesehatan bisa memperoleh pelayanan medis yang lengkap. BPJS Kesehatan menanggung pelayanan kesehatan untuk penyakit asma bronkhial, yang salah satu penyebabnya oleh paparan asap rokok.

Salah satu diagnosis bandingan untuk asma bronkhial ini adalah batuk kronis.

Nanti dokter akan memberikan obat jenis bronkodilator dan kortikosteroid. Kedua obat ini biasanya dikonsumsi secara bersamaan. Bronkodilator membantu meregangkan otot sekitar saluran pernapasan, sedangkan kortikosteroid membantu meredakan peradangan yang terjadi di sekitar saluran pernapasan.

Cara Meringankan Batuk Kronis Karena Rokok

Menghentikan kebiasaan merokok adalah satu-satunya cara terbaik meredakan dan menghentikan batuk yang dialami. Selain berhenti merokok, Anda juga dapat melakukan beberapa anjuran berikut ini:

  • Legakan tenggokokn dengan obat batuk atau permen pelega tenggorokan
  • Agar dahak tidak menumpuk pada tenggorokan, posisikan kepala lebih tinggi dari badan ketika tidur
  • Berkumurlah dengan air garam
  • Perbanyak minum air putih, setidaknya 6-8 gelas air per hari. Ini bertujuan agar lendir di paru-paru atau di tenggorokan tidak bertambah
  • Hindari minum kopi dan alkohol agar batuk tidak menjadi parah
  • Hirup uap air rebusan daun mint atau daun kayu putih
  • Konsumsi madu untuk meredakan gejala batuk
  • Rutin berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit dalam sehari.

Cara-cara di atas tentu saja dapat mengurangi gejala bahkan menghentikan batuk yang diderita, jika kebiasaan merokok sudah dihentikan. Menghentikan kebiasaan merokok memanglah tidak mudah. Namun, melihat bahaya yang ditimbulkan bagi kesehatan sangat banyak, sebaiknya Anda segera berhenti merokok. Lakukan dengan perlahan dan niat yang bulat.

Read More

Mengenal Diskektomi, Prosedur Pengangkatan Cakram Tulang Belakang

Hidup Sehat

Diskektomi adalah sebuah tindakan medis bedah untuk mengangkat cakram tulang belakang yang terherniasi dan menekan akar saraf atau sumsum tulang belakang. Tindakan medis ini biasanya dilakukan dalam bentuk mikrodiskektomi, yang mana menggunakan mikroskop khusus untuk melihat cakram dan saraf. Tampilan yang lebih besar tersebut akan mengijinkan dokter ahli bedah untuk membuat sayatan yang lebih kecil tanpa merusak jaringan yang ada di sekitarnya. Sebelum cakram tulang belakang diangkat, sebagian kecil tulang (lamina) di tulang belakang akan diangkat. Tindakan medis ini disebut dengan nama laminectomy dan bertujuan agar dokter ahli bedah dapat melihat cakram yang rusak dengan lebih jelas. Diskektomi biasanya dilakukan di rumah sakit. Anda akan tertidur atau mati rasa pada saat operasi berlangsung. Anda juga umumnya akan menjalani rawat inap satu malam di rumah sakit untuk pemantauan.

Mengapa diskektomi perlu dilakukan?

Diskektomi dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi rasa sakit dan membuat Anda dapat bergerak dan berfungsi seperti semula. Dokter akan merekomendasikan operasi diskektomi apabila Anda:

  • Memiliki rasa sakit, mati rasa, dan kelemahan pada bagian kaki yang membuat Anda tidak dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan bebas
  • Gejala yang dirasakan pada kaki tidak kunjung membaik setelah menjalani perawatan non-operasi selama 4 minggu
  • Hasil dari pemeriksaan fisik menunjukkan bahwa Anda memiliki kelemahan, hilangnya pergerakan, atau rasa tidak normal yang akan semakin membaik apabila operasi dilakukan

Sementara itu, operasi diskektomi dianggap sebagai perawatan kegawatdaruratan apabila Anda memiliki sindrom cauda equina, dengan tanda-tanda seperti kehilangan kontrol usus dan kandung kemih, rasa lemah pada kedua kaki, dan mati rasa atau kesemutan pada pantat, daerah kelamin, dan kedua kaki.

Diskektomi apakah berisiko?

Meskipun operasi cakram tulang belakang rusak atau terherniasi tidak untuk semua orang, banyak orang mengalami kemajuan setelah mendapatkan tindakan bedah medis ini. Sebuah studi yang bernama SPORT secara acak menugaskan 500 orang ke dalam dua kelompok, grup satu mendapatkan operasi diskektomi sedangkan grup dua tidak. Penelitian tersebut menemukan bahwa setelah 2 tahun kebanyakan orang dari grup penelitian tersebut merasa lebih baik dan dapat kembali melakukan hal-hal yang aktif. Mereka yang mendapatkan operasi merasa sedikit lebih baik dibandingkan dengan yang tidak. Namun, perbedaan tersebut tidak terlalu besar sehingga tidak cukup untuk menyimpulkan bahwa perawatan ini lebih baik.

Studi lain mengikuti 500 orang dalam kurun waktu 100 tahun dengan kondisi serupa, beberapa mendapatkan diskektomi dan sisanya tidak. Studi tersebut menemukan bahwa orang-orang yang memiliki rasa sakit sedang hingga parah merasa lebih baik setelah mendapatkan operasi. Namun, setelah 5 hingga 10 tahun, orang-orang dari kedua grup dapat melakukan aktivitas sehari-hari dalam kadar yang sama baik mereka mendapatkan operasi atau tidak. Selain itu, sama halnya dengan tindakan bedah medis lain, ada risiko yang menghantui diskektomi, seperti operasi tidak selamanya dapat memberikan hasil yang memuaskan, dalam artian tidak ada garansi perawatan ini lebih baik daripada perawatan lain. Diskektomi juga berisiko merusak tulang belakang atau saraf dan berisiko menyebabkan infeksi. Risiko juga dapat dari obat bius yang digunakan.

Diskektomi cakram tulang belakang terherniasi atau rusak dapat menyediakan rasa lega dari rasa sakit dengan lebih cepat dibandingkan dengan perawatan non-bedah. Namun masih jelas apakah operasi tersebut benar-benar membuat perubahan dibandingkan dengan perawatan lain di kemudian hari.

Read More

Ketika Anestesi Umum Berujung pada Hal-Hal yang Tidak Diinginkan

Hidup Sehat

Dalam beberapa prosedur medis, utamanya operasi, dibutuhkan sebuah anestesi. Anestesi dapat dimengerti sebagai pembiusan. Ada dua macam anestesi, yakni lokal dan anestesi umum. Yang disebut terakhir dikenal juga dengan bius total. Dua jenis itu memungkinkan pasien tidak merasakan apa yang tengah terjadi pada dirinya.

Namun, pernahkah Anda berpikiran bahwa ada kondisi-kondisi di mana anestesi umum tidak berjalan dengan baik sehingga berujung dengan kondisi “yang menyeramkan”? Ya, nyatanya anestesi umum bisa saja gagal.

Kegagalan atau keberhasilan anestesi umum tidak dapat dipisahkan. Pasalnya, anestesi adalah sebuah sistem yang saling berkaitan. Sistem ini dapat terdiri dari manusia dan juga komponen-komponen teknik, yang dikenal dengan istilah “sistem manusia-mesin (Man-machine system).

Dalam sistem anestesia yang termasuk komponen adalah ahli anestesi, pasien, mesin anestesi, mesin pemantau, personil ruang operasi (ahli bedah, perawat, teknisi), peralatan ruang operasi, dan fasilitas lain juga kebijaksanaan pihak rumah sakit.

Kesemua komponen tersebut harus dipertimbangkan sebagai suatu penyebab timbulnya faktor yang dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh sistem.

Telah banyak penelitian yang berusaha untuk menentukan kejadian komplikasi akibat anestesi umum. Dari sana, didapat tiga kemungkinan terbesar yang dapat menyebabkan semua itu terjadi. Di antaranya:

  • Kesalahan Manusiawi

Tidak dapat dimungkiri jika manusia adalah tempatnya kesalahan. Oleh karenanya timbul istilah “manusiawi” dalam setiap kekeliruan yang dibuat oleh seorang manusia. Hal ini memang terdengar seperti sebuah pembelaan, tetapi begitulah adanya.

Yang dianggap “manusiawi” di sini adalah kekeliruan perencanaan karena adanya penyebab kurangnya pengetahuan sehingga timbul kegagalan bereaksi terhadap suatu kondisi yang di luar kebiasaan atau hukum yang dianut.

Selain itu juga termasuk di sini adalah kesalahan pelaksanaan yang biasanya akibat ketidakjelasan instruksi. Juga kesalahan karena kegagalan ingatan atau lupa. Ada pendapat yang beranggapan bahwa untuk meningkatkan keamanan dalam anestesia umum secara efektif adalah dengan menghilangkan “kesalahan manusiawi” ini, walaupun hal ini tidak mungkin karena kesalahan adalah karakteristik yang normal untuk manusia.

  • Faktor Manusia

Tak jauh beda dengan fator pertama, tetapi di sini yang dimaksud dengan “faktor manusia” adalah keadaan di mana timbulnya suatu kejadian kritis karena kegagalan bereaksi terhadap informasi yang timbul.

Faktor manusia yang banyak diteliti adalah “kelelahan”. Dikatakan bahwa tidak ada seorang anestesiolog yang boleh dan/atau diwajibkan melakukan rutinitas yang panjang pada keesokan harinya apabila sepanjang malam sebelumnya ia terjaga atau bertugas.

Faktor lainya adalah ketergesa-gesaan, kurang hati-hati, kurang perhatian, faktor usia, komunikasi yang buruk dengan tim, faktor visual, faktor mental dan fisik, ketakutan sampai faktor kurangnya konsentrasi karena masalah pribadi.

  • Kemungkinan Faktor Lain

Dalam anestesi umum, faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab timbulnya suatu kejadian kritis atau bahkan kematian di antaranya adalah faktor pasien, prosedur operasi, dan anestesia itu sendiri.

Dipandang dalam suatu sistem yang kompleks antara manusia dan teknologi seperti anestesi, terdapat dua katagori kegagalan: aktif dan laten. Kegagalan aktif melibatkan reaksi dari operator (anestesiolog) pada suatu sistem yang kompleks di mana ia bekerja. Sedangkan kegagalan laten, adalah suatu kegagalan yang sudah ada dalam sistem itu sendiri.

***

Kecelakaan dalam anestesia umum dapat dikategorikan sebagai tindakan yang dapat dicegah dan tidak dapat dicegah. Beberapa hal yang tidak diinginkan, sebagai contoh, seperti sindrom kematian mendadak, reaksi obat yang mematikan, atau hasil yang buruk yang terjadi meskipun menggunakan manajemen yang tepat.

Namun, penelitian dari anestesia yang terkait bahwa kematian atau nyaris celaka sebagian besar dapat dicegah. Kuncinya adalah, petugas terkait dalam prosedur anestesi umum diwajibkan untuk selalu berpegang pada prinsip-prinsip keselamatan pasien.

Read More

Ulu Hati Sakit? Apa Yang Perlu Dilakukan?

Hidup Sehat

Wanita yang hamil perlu menjaga kondisi janin agar tetap sehat. Namun, gejala atau penyakit mungkin dapat mempengaruhi perkembangan janin. Salah satunya adalah ulu hati sakit yang terjadi pada ibu hamil ketika memasuki trimester ketiga. Ulu hati sakit terjadi setelah mengkonsumsi makanan dimana gejala tersebut disertai dengan sensasi panas seperti terbakar. Masalah tersebut juga dipengaruhi oleh naiknya hormon progesteron.

Ulu hati sakit saat hamil lebih rentan terjadi saat mereka memasuki trimester ketiga. Masalah tersebut bisa terjadi karena janin yang berkembang mulai menekan lambung. Meskipun rentan terjadi, gejala ulu hati dapat diatasi dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Penyebab Ulu Hati Sakit

Ulu hati sakit terjadi karena wanita hamil merasakan sensasi terbakar di belakang payudara dan naik ke esofagus. Masalah tersebut bisa terjadi dan disebabkan oleh pelonggaran pada katup antara perut dan esofagus. Masalah ini dapat membuat asam lambung naik ke esofagus.

Kondisi seperti ini akan memburuk jika wanita hamil mengkonsumsi makanan pedas. Tidak hanya itu, ulu hati sakit juga bisa terjadi pada orang yang belum hamil, dan mereka akan lebih sering mengalami gejala seperti ini.

Ulu hati sakit juga terjadi karena faktor sebagai berikut:

  • Hormon

Ketika mengandung, hormon progesteron memicu pelonggaran pada otot yang mengatur katup antara perut dan esofagus. Otot esofagus seharusnya tertutup rapat supaya dapat mencegah asam lambung naik ke atas. Karena hormon progesteron meningkat, otot esofagus tidak dapat menutupinya. Hal tersebut dapat menyebabkan asam lambung mencapai hingga ke bagian tenggorokan.

  • Ukuran janin

Jika ukuran janin membesar, seiring dengan pertambahan usia, maka ruang untuk janin akan bertambah sempit. Masalah tersebut dapat membuat janin memberi tekanan pada perut dan peningkatan pada asam lambung.

  • Proses cerna

Ulu hati sakit juga disebabkan oleh proses cerna yang lambat. Wanita hamil yang mengkonsumsi makanan dengan banyak atau secara berlebihan dapat membuat proses pencernaan lebih lama.

Gejala Ulu Hati Sakit

Ulu hati sakit yang dialami wanita hamil juga dapat memicu gejala lain berupa:

  • Kembung.
  • Sering mengeluarkan sendawa.
  • Merasakan pahit di bagian mulut.
  • Radang tenggorokan.
  • Sering batuk.

Cara Mengatasi Ulu Hati Sakit

Jika Anda merupakan salah satu wanita hamil dan ulu hati Anda sakit, Anda sebaiknya terapkan beberapa cara di bawah untuk mencegah hal tersebut terjadi:

  1. Pilih makanan khusus

Anda perlu mengkonsumsi makanan khusus dengan menghindar makanan yang memiliki kadar asam dan tingkat kepedasan yang tinggi. Makanan seperti ini dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Tidak hanya itu, Anda juga sebaiknya hindari tomat, bawang, kafein, cokelat, dan soda. Anda juga jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng atau berlemak, karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

  • Konsumsi makanan secukupnya

Anda perlu mengkonsumsi makanan secukupnya, namun dalam porsi kecil untuk membantu proses pencernaan.

  • Duduk tegak

Anda juga perlu duduk tegak ketika makan untuk mencegah asam lambung naik hingga ke bagian esofagus. Selain itu, Anda jangan langsung berbaring setidaknya selama 30 hingga 60 menit.

  • Atur pola tidur

Anda juga perlu menerapkan pola tidur yang teratur dengan mengatur posisi kepala dan dada lebih tinggi untuk mendukung proses cerna yang maksimal.

  • Mengenakan pakaian longgar

Anda juga sebaiknya jangan mengenakan pakaian ketat. Memakai pakaian ketat dapat membuat asam lambung naik ke esofagus.

  • Minum secukupnya

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan minum secukupnya setelah makan. Anda sangat tidak dianjurkan untuk minum terlalu banyak jika ingin melancarkan proses pencernaan.

Ulu hati sakit dapat diatasi dengan melakukan cara-cara yang disebutkan di atas. Anda juga dapat berdiskusi dengan dokter jika Anda ingin menggunakan obat untuk mengatasi ulu hati sakit.

Read More

Makan Honeycomb, Menyehatkan atau Malah Berbahaya?

Hidup Sehat

Manusia telah membudidayakan lebah dan mengonsumsi madunya selama ribuan tahun. Bahkan banyak orang gemar mengonsumsi honeycomb atau sarang madu. Banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi honeycomb, seperti menurunkan risiko infeksi hingga hati dan jantung yang lebih sehat. Akan tetapi, mengonsumsi madu langsung dari sarangnya memiliki risiko kesehatannya sendiri. Artikel ini akan membahas pro dan kontra mengonsumsi honeycomb bagi kesehatan tubuh.

Honeycomb kaya akan nutrisi menyehatkan

Honeycomb kaya akan karbohidrat dan antioksidan. Selain itu, honeycomb juga mengandung nutrisi lain dalam jumlah yang lumayan banyak, seperti protein, vitamin, dan mineral, namun terdiri dari 95-99% air dan gula. Karena madu dari honeycomb sama sekali belum diolah, madu tersebut mengandung enzim seperti glucose oxidase yang memberi madu sifat antimikroba dan antibakteri. Enzim-enzim tersebut akan hancur akibat proses pemanasan dan penyaringan yang dilakukan untuk menghasilkan madu-madu komersil. Selain itu, madu mentah juga tidak mengandung pemanis seperti sirup jagung tinggi fruktosa dan lebih banyak mengandung antioksidan apabila dibandingkan dengan madu olahan.

Antioksidan merupakan senyawa tanaman yang bermanfaat dan baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, antioksidan juga dapat melindungi tubuh dari penyakit. Kadar antioksidan dalam madu mentah sebesar 4,3 kali lebih tinggi dari madu olahan. Polifenol merupakan jenis antioksidan utama pada madu. Penelitian menyatakan bahwa antioksidan dapat mengurangi risiko diabetes, dementia, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. Honeycomb juga mengandung lilin lebah, yang menyediakan asam lemak rantai panjang yang baik untuk kesehatan jantung, dan alkohol. Senyawa-senyawa tersebut dapat membantu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Mendukung kesehatan jantung

Manfaat honeycomb yang lain adalah kemampuannya dalam mendukung kesehatan jantung. Banyak penelitian menunjukkan bahwa asam lemak rantai panjang dan alkohol yang banyak ditemukan di lilin lebah dapat mengurangi kadar kolesterol darah yang tinggi, yang mana merupakan faktor risiko utama penyebab penyakit jantung. Misalnya saja, satu tinjauan studi menyatakan bahwa alkohol lilin lebah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL sebesar 29%, di saat yang bersamaan menaikkan kadar kolesterol baik HDL sebesar 8-15%. Akan tetapi, studi pada tinjauan atau review tersebut menggunakan terisolasi dalam kadar yang tinggi dan berasal dari lilin lebah, membuatnya sulit untuk diketahui apakah lilin lebah dari honeycomb dalam jumlah yang kecil akan memberikan efek yang serupa. Meskipun demikian, madu mungkin memiliki kemampuan menurunkan kolesterolnya sendiri.

Satu buah studi kecil memberikan pesertanya 70 gram gula atau madu setiap harinya. Setelah 30 hari, mereka yang menerima madu mengalami kenaikan kolesterol HDL baik sebesar 3.3% dan menurunkan kolesterol LDL jahat sebesar 5.8%. Selain itu, mengganti gula dengan madu juga dapat menurunkan kadar triglyceride sebesar 19%. Selain itu, antioksidan dalam madu juga dapat membantu memperbesar arteri yang menuju ke arah jantung Anda.  Hal ini akan meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah, berpotensi untuk mengurangi risiko penyumbatan darah, serangan jantung, dan stroke.

Honeycomb atau sarang madu merupakan produk lebah alami yang terdiri dari ruang sel berbentuk heksagonal yang seperti lilin dan mengandung madu mentah. Madu dan sarangnya dapat dimakan dan mengandung banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, seperti melawan infeksi dan meningkatkan kesehatan jantung. Meskipun demikian, honeycomb kaya akan kandungan gula, sehingga Anda harus mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar.

Read More

Mengenal MCV, Bagian dari Pemeriksaan Darah Lengkap

Hidup Sehat

Saat melakukan pemeriksaan darah lengkap, pernahkah Anda melihat nilai MCV pada hasil pemeriksaan? MCV merupakan kependekan dari Mean Corpuscular Volume. Nilainya menunjukkan ukuran eritrosit atau sel darah merah pada sampel darah yang diambil untuk pemeriksaan.

Seperti pemeriksaan lain, terdapat nilai normal dari MCV. Bila seseorang memiliki nilai MCV rendah, disebut mikrositosis. Sebaliknya, nilai MCV yang tinggi dikatakan sebagai kondisi makrositosis.

Nilai MCV ini dapat memberikan informasi yang penting, seperti kemungkinan adanya beberapa jenis anemia. Tapi, nilai ini tidak dapat menjadi acuan mandiri dalam menegakkan diagnosis. Oleh karenanya, dokter juga akan melihat nilai dari Mean Corpuscular Hemoglobin Concentration (MCHC) serta Red Cell Distribution Width (RDW).

Kondisi yang membutuhkan pemeriksaan MCV

MCV bukan jenis pemeriksaan yang dapat dilakukan secara mandiri. Nilainya akan diketahui bila Anda melakukan pemeriksaan darah lengkap. Anda mungkin melakukan pemeriksaan darah lengkap sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan atau medical check up atau bila direkomendasikan oleh dokter dalam rangka mendiagnosis penyakit tertentu.

Umumnya, dokter akan perlu melihat nilai MCV dan menyarankan Anda melakukan pemeriksaan darah lengkap karena beberapa kondisi, diantaranya:

  • Pasien merasa lemas dan pusing, serta tampak pucat. Dibutuhkan pemeriksaan darah lengkap untuk mengetahui apakah pasien benar mengalami anemia.
  • Untuk membedakan jenis anemia yang diderita oleh pasien.
  • Mengetahui kelainan darah yang diderita oleh pasien.
  • Sebagai pemeriksaan pendukung pada berbagai kondisi penyakit.
  • Sebagai acuan keberhasilan suatu terapi suatu penyakit.

Nilai MCV serta maknanya

Nilai MCV ini sangat tergantung pada usia. Adapun rentang nilainya bagi lansia, orang dewasa, dan anak-anak adalah antara 80-95 fL. Sedang pada bayi baru lahir, rentang nilai MCV yang normal adalah antara 96-108 fL.

Indikasi adanya gangguan medis, seperti thalasemia dan berbagai jenis anemia: defisiensi besi, sideroblastik, serta yang disebabkan oleh penyakit kronis, dapat diketahui bila nilai MCV di bawah angka normal.

Begitu juga bila nilai MCV di atas normal. Diduga pasien mengalami anemia defisiensi folat, anemia akibat kekurangan vitamin B12, gangguan hati, anemia hemolitik, hipertiroidisme, anemia aplastik, serta sindrom mielodiplastik. Di samping itu, angka nilai MCV yang tinggi juga dapat menjadi tanda konsumsi alkohol berlebihan.

Meskipun, cukup banyak jenis anemia yang menyebabkan perubahan nilai MCV, tapi ada pula jenis anemia yang tidak mengakibatkan perubahan nilai MCV. Oleh karena itu, pemeriksaan lebih lanjut tetap dibutuhkan.

Risiko pemeriksaan MCV

Karena MCV merupakan bagian dari pemeriksaan darah lengkap, maka risiko yang timbul seperti layaknya pemeriksaan darah pada umumnya, yaitu:

– Perdarahan

Pada pemeriksaan darah lengkap, termasuk MCV, sampel darah akan diambil dari pembuluh tangan di tangan. Perdarahan mungkin terjadi, namun biasanya dapat diatasi dengan menekan area bekas suntik menggunakan kassa.

Risiko perdarahan ini memang akan meningkat bila saat dilakukan pemeriksaan darah lengkap, pasien sedang mengonsumsi obat pengencer darah atau memiliki kelainan pembekuan darah.

– Hematoma

Dalam istilah awam, hematoma dikenal dengan lebam. Beberapa orang memang lebih rentan mengalami lebam di area bekas penyuntikan, misal mereka yang memiliki kelainan darah.

– Infeksi

Sebetulnya risiko infeksi tidak hanya muncul saat prosedur pengambilan darah dilakukan. Setiap kulit disuntik, dengan tujuan apa pun, risiko infeksi tetap dapat terjadi.

Meskipun Anda telah mengetahui makna nilai MCV, saat melakukan pemeriksaan darah lengkap, hasil pemeriksaan tetap perlu diterjemahkan oleh tenaga medis profesional.

Read More

Warna Mata Orang Indonesia: Apa Saja Faktanya?

Hidup Sehat

Setiap orang lahir dengan banyak organ tubuh. Salah satunya termasuk mata. Mata dapat membantu manusia melihat segala sesuatu di sekitarnya. Warna mata orang bervariasi, dan yang paling dominan adalah berwarna cokelat, yaitu sekitar 80% di dunia. Banyak orang mengira bahwa warna mata orang Indonesia berwarna hitam, namun tidak demikian.

Orang-orang Indonesia juga memiliki warna mata cokelat. Tidak hanya di Indonesia, namun juga dominan di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Afrika. Sementara itu, orang-orang yang memiliki warna mata cokelat muda adalah orang-orang yang berasal dari negara-negara di kawasan Asia Barat, Amerika, dan Eropa.

Fakta Mengenai Warna Mata Orang Indonesia

Masih banyak yang bisa Anda pelajari tentang warna mata orang Indonesia. Berikut adalah fakta mengenai warna mata orang Indonesia:

  • Bagian mata manusia yang berwarna

Secara umum, manusia memiliki dua bagian mata yang bisa terlihat secara kasat mata, antara lain iris dan sklera. Iris merupakan bagian bola mata manusia yang memiliki warna yang berbeda. Contoh warna bola mata yang paling umum adalah cokelat gelap, biru, dan hijau. Sklera merupakan bagian mata yang berwarna putih.

  • Warna mata orang Indonesia dipengaruhi oleh sinar

Orang-orang yang memiliki warna mata cokelat gelap biasanya merupakan orang-orang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Seseorang yang memiliki warna mata yang semakin gelap dipengaruhi oleh banyaknya pigmen pada bagian mata. Orang-orang yang memiliki warna mata gelap juga akan terlindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari atau sinar ultraviolet.

  • Warna mata manusia berubah ketika mereka masih bayi

Warna mata bayi mengalami perubahan dan akan tetap ketika manusia memasuki usia 3 tahun.

  • Warna mata manusia yang tidak sepenuhnya didapatkan secara genetik

Warna mata manusia ditentukan tidak hanya melalui faktor genetik, namun juga dipengaruhi oleh produksi melanin.

  • Orang yang berwarna mata gelap biasanya lebih dipercaya

Menurut sebuah penelitian, orang-orang yang memiliki warna mata gelap lebih dipercaya. Tidak hanya itu, faktor lain seperti karakter wajah orang yang berwarna mata gelap, memiliki peran besar dalam membuat mereka lebih dipercaya.

  • Orang dengan warna mata gelap lebih tahan terhadap suara bising

Sebuah penelitian juga mengungkap bahwa orang yang memiliki warna mata gelap lebih tahan terhadap suara bising atau jarang mengalami gangguan pendengaran dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki mata berwarna terang. Hal tersebut dipengaruhi oleh jumlah melanin yang ada pada tubuh dimana tidak hanya melindungi mata, namun juga melindungi telinga dari suara bising.

  • Orang dengan warna mata gelap lebih mudah mengalami risiko katarak

Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa orang-orang yang memiliki warna gelap juga perlu berhati-hati, karena mereka memiliki risiko dua kali lebih besar terkena katarak dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki warna mata terang.

  • Orang dengan warna mata gelap lebih mahir dalam berolahraga

Orang-orang yang memiliki warna mata gelap lebih mahir dalam berolahraga yang melibatkan bola seperti sepak bola. Sementara orang yang memiliki mata berwarna terang lebih mahir dengan olahraga yang melibatkan kontrol seperti golf.

  • Rasa sakit yang dialami wanita yang memiliki warna mata gelap

Sebuah studi menyatakan bahwa wanita yang memiliki warna mata gelap cenderung merasa tidak tahan terhadap rasa sakit yang dialami seperti ketika melakukan persalinan.

  • Warna mata dapat menandakan penyakit tertentu

Warna mata pada manusia juga dapat menentukan penyakit yang dialami manusia. Contohnya, warna mata manusia yang berubah menjadi kuning disebabkan karena orang mengalami kerusakan hati pada tubuh.

Itulah warna mata orang Indonesia yang perlu Anda pahami. Anda perlu menjaga mata dengan teratur dengan mengkonsumsi makanan sehat setiap hari. Jika Anda mengalami gangguan pada mata, Anda sebaiknya konsultasikan masalah tersebut dengan dokter.

Read More

Bahaya Garam Himalaya: Apa Dampaknya Bagi Tubuh?

Hidup Sehat

Setiap orang memiliki selera makanan yang berbeda. Ada yang suka campur dengan bahan lain, namun ada yang ingin mengkonsumsi makanan dengan seadanya tanpa bahan tambahan. Contoh bahan tambahan yang dapat digunakan adalah garam Himalaya. Banyak orang berpikir bahwa garam Himalaya lebih sehat dari garam biasa, namun bahaya garam Himalaya perlu diperhatikan.

Garam Himalaya merupakan jenis garam yang memiliki warna merah muda yang terlihat seperti es krim stroberi jika dituangkan ke dalam mangkuk kecil. Garam Himalaya tidak berasal dari laut, namun berasal dari pegunungan di Pakistan. Garam Himalaya memiliki kandungan zat besi oksida sehingga warna yang tampak adalah merah muda.

Seseorang dapat mengkonsumsi garam Himalaya karena pada umumnya sama seperti garam lain, namun diklaim lebih sehat. Garam Himalaya sebenarnya merupakan bahan yang alami dimana garam jenis ini telah melalui beberapa kali proses penyaringan sebelum dikonsumsi manusia.

Banyak orang klaim bahwa garam Himalaya dapat memberikan manfaat bagi tubuh karena terdapat mineral yang tidak hilang dari proses penyaringan, namun belum tentu memberikan manfaat bagi tubuh secara maksimal.

Apa Dampaknya Bagi Tubuh?

Selain itu, manusia perlu waspada terhadap bahaya garam Himalaya, karena alasan sebagai berikut:

  1. Tubuh kekurangan yodium

Garam yang beredar di supermarket pada umumnya telah melalui proses penyaringan beberapa kali sehingga dapat dijual kepada konsumen. Selain itu, garam diperkaya yodium demi menjaga kondisi tubuh.

Garam Himalaya juga terdapat yodium, namun jumlahnya kurang memenuhi kebutuhan manusia. Yodium berperan penting bagi tubuh, yaitu menjaga kesehatan kelenjar tiroid dan metabolisme sel. Jika manusia kekurangan yodium, mereka kemungkinan akan mengalami penyakit gondok atau pembesaran kelenjar tiroid pada bagian leher.

  • Memperberat kinerja ginjal dan jantung

Jika manusia mengkonsumsi bahan yang mengandung natrium secara berlebihan, termasuk garam Himalaya, maka ginjal akan coba mengeluarkannya melalui urine. Hal tersebut akan mengakibatkan kerja ginjal lebih berat dari biasa.

Jika ginjal pada tubuh dibebani natrium, sisanya akan menumpuk di cairan yang ada di antara sel-sel tubuh. Hal ini dapat memicu volume air dan darah di dalam tubuh meningkat sehingga jantung dan pembuluh darah perlu bekerja lebih keras untuk memompanya. Hal ini juga dapat mengakibatkan seseorang mengalami tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, penyakit jantung, dan stroke.

  • Meningkatkan risiko obesitas

Selain gula, garam yang dikonsumsi, termasuk garam Himalaya, jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat menimbulkan obesitas. Asupan sebanyak 1 gram lebih dari yang dianjurkan dapat memicu risiko obesitas setidaknya 25%. Hal ini dapat terjadi baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

  • Memicu penyakit lain

Garam biasa atau garam Himalaya dapat memicu kerusakan hati, osteoporosis, dan penyakit autoimun jika dikonsumsi secara berlebihan.

Untuk mencegah masalah yang disebutkan di atas, manusia perlu membatasi penggunaan garam setiap hari. Untuk menjaga kesehatan, orang-orang perlu konsumsi baik garam biasa maupun garam Himalaya, maksimal sebanyak 2.300 mg per hari, atau batasnya setara dengan satu sendok teh. Jika orang mengalami hipertensi, maka jumlah asupan maksimal yang bisa dikonsumsi adalah 1.500 mg per hari.

Bahaya garam Himalaya perlu Anda waspadai, karena dapat memicu penyakit mematikan seperti hipertensi atau penyakit jantung. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga asupan makanan bergizi untuk mencegah risiko penyakit mematikan. Walaupun memberikan manfaat bagi tubuh, Anda tetap perlu batasi jumlah yang dianjurkan dokter.

Read More

Manfaat Sari Kacang Hijau Dalam Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Hidup Sehat

Kacang hijau mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah melimpah. Hal inilah yang membuat banyaknya manfaat sari kacang hijau bagi tubuh. Sama halnya dengan polong-polongan lain, kacang hijau memiliki nutrisi yang seimbang. Selain kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi, kacang hijau juga mengandung senyawa-senyawa lain yang bermanfaat, yang membuatnya bagian penting untuk diet yang sehat. Dalam sebuah review yang dilakukan pada tahun 2014, banyak bukti menunjukkan bahwa kacang hijau memiliki potensi manfaat kesehatan seperti efek antioksidan, aktivitas anti-jamur dan anti-bakteri, anti-peradangan, menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes, menurunkan tekanan darah, dan mencegah kanker. Selain itu, kacang hijau juga dipercaya dapat meningkatkan kekuatan tubuh bahkan bagi mereka yang tidak melakukan aktivitas olahraga. Artikel ini akan membahasnya dengan lebih mendalam.

Manfaat sari kacang hijau yang melimpah sangat penting bagi mereka yang menjalankan diet vegan atau vegetarian. Diet berbasis tanaman sedang menjadi tren saat ini. Selain untuk menyehatkan tubuh, banyak orang melakukan diet jenis ini sebagai bentuk protes perilaku manusia terhadap hewan.  Menurut dua orang professor dari Kampus Solusi Kesehatan Negeri Arizona, meskipun diet vegetarian dapat melindungi tubuh dari penyakit kronis, kekurangan nutrisi seperti protein sangat mungkin terjadi. Untuk itulah kacang hijau menjadi solusi sehat bagi mereka yang tidak makan daging. Sebuah studi dilakukan untuk melihat hubungan antara asupan protein dengan kekuatan dan masa tubuh pada 37 orang vegetarian yang jarang berolahraga. Selama 8 minggu, subyek diberikan suplemen protein kacang hijau. Dalam akhir studi, para peneliti menemukan peningkatan kekuatan pada mereka yang mendapatkan asupan suplemen kacang hijau.

Manfaat sari kacang hijau tidak berhenti sampai di situ saja. Karena kacang hijau mengandung potasium, magnesium, dan serat, kacang hijau dapat membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah. Di Amerika sendiri, diperkirakan sekitar 1 hingga 3 orang Amerika memiliki tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang serius karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, yang mana merupakan penyebab kematian utama di seluruh dunia. Dengan konsumsi kacang hijau, Anda dapat menurunkan tekanan darah. Nutrisi seperti potasium, magnesium, dan serat terbukti dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Selain itu, mengonsumsi polong-polongan dalam jumlah yang tinggi juga dapat menurunkan darah pada orang dewasa yang menderita tekanan darah tinggi ataupun tidak.

Selain dapat menurunkan tekanan darah, kandungan serat yang ada pada kacang hijau dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Kacang hijau mengandung serat yang tinggi, sekitar 15.4 gram per 202 gramnya. Kacang hijau khususnya memilik serat larut yang bernama pecti dan zat pati resisten. Keduanya dapat menutrisi bakteri baik yang ada di perut untuk menyehatkan sistem pencernaan, menutrisi sel-sel usus, meningkatkan pertahanan kekebalan perut, dan menurunkan risiko kanker usus.

Dengan banyaknya manfaat sari kacang hijau, berapa banyak yang harus dikonsumsi setiap harinya? Kacang hijau merupakan sumber nutrisi, vitamin, dan mineral yang baik. Namun, Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan berbasis tanaman lain. Hal ini dikarenakan kacang hijau tidak mengandung semua nutrisi yang tubuh butuhkan. Agar dapat mencapai diet yang sehat, seseorang harus mengonsumsi berbagai ragam makanan. Anda dapat memasak kacang hijau dengan cara tertentu, seperti dengan merebusnya atau mengukusnya. Anda juga bisa menggoreng kacang hijau dalam bentuk kecambah. Bicarakan dengan dokter atau ahli nutrisi apabila Anda memiliki alergi terhadap kacang sebelum mengonsumsi kacang hijau.

Read More

Jangan Disepelekan, Ini Arti Kedutan di Hidung!

Hidup Sehat

Pernah mengalami kedutan di hidung? Ternyata, kedutan di hidung merupakan salah satu kontraksi otot yang sangat jarang terjadi. Pada dasarnya, kedutan di hidung ini bukanlah jenis kontraksi otot yang berbahaya. Kontraksi otot yang tidak disengaja ini bisa berlangsung dalam hitungan detik maupun jam. Tetapi jika kondisi ini sering kali terjadi, tentunya bisa menggangu keseharian Anda.

Kedutan di hidung bisa terjadi karena kram otot pada hidung, dehidrasi ataupun stress. Kondisi ini juga memiliki arti tertentu yang bisa Anda waspada. Arti kedutan di hidung adalah:

  1. Perasaan terlalu cemas

Kontraksi di otot hidung merupakan salah cara tubuh bereaksi terhadap jenis emosi tertentu. Saat Anda merasa cemas dan gugup, biasanya tubuh akan menangkap sinyal stress tersebut. Selanjutnya, akan muncul rangsangan saraf hingga reaksi tidak menentu. Jika Anda sudah tidak merasa stress, kedutan pun akan perlahan hilang dengan sendirinya.

  • Kurang pemanasan saat berolahraga

Kedutan di area hidung atapun kontraksi otot juga bisa terjadi karena kurangnya pemanasan sebelum berolahraga. Selain itu, kedutan juga bisa muncul akibat kurangnya cairan elektrolit di tubuh setelah berolahraga. Elektrolit ini memiliki peran penting dalam fungsi tubuh, elektrolit merupakan mineral yang membawa muatan listrik, seperti kalsium, klorida, magnesium, fosfat, kalium dan natrium.

  • Tubuh kurang istirahat

Saat tubuh Anda kurang istirahat juga dapat menyebabkan kontraksi otot di area wajah, seperti di hidung. Hal ini dikarenakan saat tubuh kurang beristirahat, maka jumlah neurotransmitter yang diproduksi ke otak pun tidak stabil. Akibatnya, perintah yang diterima saraf otot pun menjadi terganggu.

Neurotransmitter merupakan senyawa alami yang bertugas mengirimkan informasi kepada sel saraf. Jika neurotransmitter terganggu, maka otot Anda akan mengalami kekacauan saat meneruma informasi, sehingga kedutan di area hidung pun bisa terjadi.

  • Terlalu sering merokok

Hal lain yang menyebabkan terjadinya kedutan di hidung adalah karena terlalu banyak merokok. Sistem neurotransmitter juga bisa terganggu jika Anda mengonsumsi terlalu banyak rokok. Hal ini dikarenakan, kandungan nikotin dapat mengganggu sistem neurotransmitter pada otak Anda.

  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Produk kopi maupun minuman energi yang mengandung kafein juga dapat menyebabkan seseorang mengalami kedutan. Sebab jika tubuh Anda sensitif terhadap kafein, otot akan berkontraksi di luar perintah otak.

Apakah kedutan juga bisa pertanda penyakit serius?

Otot yang mengalami kedutan juga dapat mengindikasikan berbagai gangguan kesehatan berbahaya seperti muscular distrophy (distrofi otot), amyotrophic lateral sclerosis (ALS), penyakit autoimun, neuropati, ataupun penyakit ginjal.

Jika kondisi ini sering kali terjadi, Anda bisa mencegahnya dengan menjaga polo makan yang sehat dan bernutrisi, istirahat yang cukup, kurangi stress, melemaskan otot, mengurangi konsumsi kafein berlebih dan hentikan merokok.

Read More