Cara Alami yang Dapat Menjadi Obat Konstipasi

Penyakit
Cara Alami yang Dapat Menjadi Obat Konstipasi

Sembelit atau konstipasi bisa jadi sangat menyiksa karena Anda akan sulit mengeluarkan feses. Bahkan dalam beberapa kasus, banyak orang yang mengalami sembelit tidak mampu buang air besar hingga berhari-hari ingin harus mendapatkan bantuan obat konstipasi. 

Anda bisa dikatakan mengalami konstipasi apabila intensitas buang air besar Anda kurang dari 3 kali seminggu. Konstipasi Anda pun tergolong parah dan mesti mendapat bantuan asupan obat konstipasi apabila kondisi sulit buang air besar ini sudah berlangsung lebih dari tiga minggu juga jika ada darah di feses. 

Penyebab Konstipasi 

Sebelum mengonsumsi obat konstipasi, Anda sebaiknya memahami terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab kondisi tersebut terjadi. Pasalnya, ada beberapa penyebab konstipasi yang merupakan buah dari gaya hidup yang kurang sehat. Jika konstipasi Anda bersumber dari sana, Anda bisa memperbaiki sistem pencernaan Anda agar lebih lancar dengan cara-cara alami. 

Namun, penyebab konstipasi bukan hanya terkait gaya hidup. Secara lebih lengkap, faktor pemicu sembelit menimpa seseorang karena faktor-faktor di bawah ini. 

  • Dehidrasi 

Cairan dalam tubuh bisa membantu proses aliran limbah makanan dalam tubuh. Sebaliknya ketika cairan kurang, aliran akan tersendat. 

  • Kurang Serat 

Orang yang kurang serat kurang memiliki kemampuan tubuh untuk mendorong buang air besar secara teratur. 

  • Kurang Gerak 

Feses membutuhkan gerakan tubuh untuk bisa mengalir keluar dengan lancar. Jika Anda kurang kurang, alhasil feses menjadi sulit untuk keluar. 

  • Usia Tua 

Risiko orang tua mengalami sembelit cukup besar. Ini berhubungan dengan kemampuan mobilitas mereka yang berkurang seiring bertambahnya usia. 

  • Penggunaan Obat

Beberapa jenis obat mudah memicu terjadinya konstipasi. Contoh jenis obat yang kerap menimbulkan sembelit, yakni antidepresan, antinyeri, serta suplemen zat besi. 

  • Iritasi Usus 

Kondisi iritasi usus membuat fungsi usus untuk mengalirkan limbah makanan menjadi terganggu sehingga memicu sembelit. 

Obat Alami 

Mengobati sembelit tidak harus dengan menggunakan obat-obatan kimia. Nyatanya perubahan gaya hidup dan pengonsumsian beberapa jenis bahan natural di bawah ini bisa menjadi obat konstipasi yang efektif. 

  • Perbanyak Asupan Serat 

Asupan serat dapat meningkatkan massa dan konsistensi gerakan usus. Kondisi ini membuat feses lebih mudah untuk dikeluarkan. Pastikan selalu kebutuhan serat harian minimal 25 gram terpenuhi. 

  • Tambah Asupan Cairan 

Hidrasi yang cukup sangat penting membantu usus untuk mengalirkan limbah makanan keluar menjadi feses. Ketika Anda mengalami sembelit, cobalah untuk menambah asupan cairan guna memastikan usus lebih mudah bergerak mengalirkan limbah makanan. 

  • Rutinkan Olahraga 

Kurang gerak menjadi pemicu terjadinya sembelit. Karena itu, para dokter menganjurkan agar para penderita konstipasi lebih rutin berolahraga guna mempermudah buang air besar. 

  •  Sering Minum Kopi

Kopi mengandung kafein yang dapat merangsang usus untuk mengalirkan limbah makanan. Kemampuan kafein pada kopi untuk mendorong feses bahkan lebih kuat daripada kemampuan air mineral mendorong limbah makanan tersebut. 

  • Jaga Asupan Probiotik 

Salah satu fungsi probiotik adalah menjaga keseimbangan bakteri jahat dan baik dalam usus. Dengan usus yang sehat, gejala konstipasi dapat dikurangi. Asupan probiotik juga dapat membuat feses lebih lembut sehingga lebih mudah dialirkan keluar. Beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik tinggi, seperti bawang putih, buncis, pisang, dan daun bawang. 

  • Hindari Produk Susu

Tidak semua tubuh bisa menerima baik kandungan kalsium dari susu. Dalam banyak kasus, produk susu justru memengaruhi gerak usus menjadi lebih lamban dan membuat konstipasi kian parah. 

  • Buat Jadwal Konsisten 

Usahakan pergi ke kamar mandi tiap pagi agar tubuh meresponsnya sebagai tanda-tanda Anda hendak mengeluarkan feses. Tetap lakukan jadwal tersebut secara konsisten, bahkan ketika Anda sedang mengalami gejala sembelit. Cara ini bisa mencegah sembelit ringan berubah menjadi konstipasi kronis. 

Apabila cara-cara alami sudah dilakukan, namun Anda masih mengalami sembelit yang cukup parah, mengonsumsi obat konstipasi berbahan kimia dapat menjadi solusi lain. Namun, pastikan obat yang Anda minum sesuai dengan resep dokter.

Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*