Aneka Manfaat Pepaya Bagi Kulit dan Rambut

Kesehatan Kulit
Image result for pepaya

Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, manfaat pepaya bagi kesehatan juga sangat melimpah. Itu semua ada karena buah pepaya merupakan sumber nutrisi penting yang baik. Menurut sebuah penelitian tahun 2013, manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh disebabkan karena kandungan vitamin A, B, dan C yang tinggi. Kandungan enzim proteolitiknya, seperti papain dan chymopapain, juga memiliki sifat anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus. Selain itu, buah pepaya juga populer digunakan sebagai perawatan alternatif rumahan, khususnya untuk merawat kulit dan rambut. Artikel ini akan membahas manfaat pepaya bagi kulit dan rambut dengan lebih mendalam.

Mengurangi keriput

Buah pepaya mengandung antioksidan seperti likopen yang melimpah. Antioksidan ini dapat melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015 mengindikasikan bahwa kerusakan kulit dan keriput yang muncul bersamaan dengan penambahan usia disebabkan aktivitas radikal bebas yang berlebih. Studi lanjutan juga menjelaskan bahwa manfaat pepaya yang berasal dari antioksidan akan membantu melawan radikal bebas yang merusak, sehingga dapat membuat kulit tampak lebih halus dan muda. Buah pepaya juga dapat meningkatkan elastisitas kulit. Peningkatan elastisitas ini dapat meminimalisir timbulnya keriput. Selain itu, studi lain pada tahun 2014 pada wanita dewasa yang mengonsumsi campuran antioksidan seperti vitamin C dan likopen menunjukkan pengurangan kedalaman keriput pada wajah.

Merawat dan mencegah jerawat

Enzim papain dan chymopapain yang banyak terkandung di buah pepaya memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan. Zat papain yang melarutkan protein ini banyak ditemukan di produk-produk pengelupasan kulit. Produk ini dapat membantu mengurangi jerawat dengan cara membersihkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit wajah. Papain juga dapat membersihkan keratin yang rusak yang dapat menumpuk di kulit dan membentuk benjolan-benjolan kecil. Sebuah studi pada tahun 2017 menunjukkan bahwa papain merupakan zat yang cocok untuk merawat bekas luka. Selain kedua enzim anti peradangan tersebut, buah pepaya juga kaya akan kandungan vitamin A. Retinol, salah satu bentuk dari vitamin A, dapat membantu merawat dan mencegah peradangan jerawat. 

Memelihara kesehatan rambut dan memicu pertumbuhan rambut

Sebuah studi pada tahun 2012 menunjukkan bahwa vitamin A dapat memiliki efek positif terhadap kesehatan rambut dengan cara membantu kulit kepala memproduksi sebum yang akan menutrisi, menguatkan, dan melindungi rambut. Anda dapat membuat masker perawatan rambut menggunakan pepaya dengan mencampurkan setengah pepaya matang, 100 ml minyak kelapa dan satu sendok teh madu. Usapkan masker tersebut ke rambut yang telah dibasahi dan diamkan selama 30 hingga 40 menit. Bilas, gunakan sampo, dan rawatlah rambut Anda seperti biasanya. Selain itu, kandungan likopen yang ada pada buah pepaya memiliki kemampuan untuk menstimulasi pertumbuhan rambut.

Mencegah ketombe

Salah satu penyebab munculnya ketombe pada kulit kepala Anda adalah adanya jamur seperti ragi yang dikenal dengan sebutan malassezia. Di sebuah artikel kesehatan tahun 2011, sifat anti-jamur pada biji buah pepaya dapat membantu mengatasi dan mencegah timbulnya ketombe. 

Manfaat pepaya terhadap kesehatan kulit dan rambut di antaranya adalah kemampuannya untuk mengurangi keriput, mengontrol jerawat, merawat dan menstimulasi pertumbuhan rambut, serta mencegah ketombe. Apabila Anda ingin menggunakan buah pepaya untuk merawat kulit dan rambut, hubungi dokter ahli kulit sebelum mencobanya. Dokter akan merekomendasikan produk serta jenis perawatan apa saja yang akan bekerja dengan efektif dalam merawat tipe kulit serta rambut yang Anda miliki.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*